Amankan Jaringan Listrik di Tuban, PLN Pangkas Pohon

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Petugas  PLN ULP Tuban, bersama dengan ULP Jatirogo, ULP Bojonegoro, ULP Padangan, ULP Sumberejo, ULP Babat, ULP Lamongan dan ULP Brondong, melakukan pemangkasan ranting pohon yang mengganggu jaringan kabel PLN, di wilayah Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Manager Unit Layanan Pengaduan (ULP) PLN Kabupaten Tuban, Agus Riyadi mengatakan jika kegiatan yang bertajuk Gropyok Eksekusi dan Pemeliharaan Langsung Tuntas (Gudeh Peluh) ini, dilakukan oleh pihaknya secara rutin selama satu bulan sekali, dengan lokasi yang berbeda-beda.

“Kegiatan Gudeh Peluh di Penyulang Montong ini, dilaksanakan oleh delapan regu dari delapan ULP, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Rabu (21/6/2023).  

Dalam  pemotongan  pohon ini sendiri, lanjutnya pihaknya mengerahkan sebanyak 45 personel dengan armada sky lift dan hyluk untuk mempermudah pemotongan pohon yang berada di dekat jaringan listrik.

Pasalnya, apabila pohon-pohon tersebut sampai menyentuh kabel, maka dapat berbahaya, mengganggu, serta dapat menimbulkan pemadaman listrik.

“Pemotongan pohon yang dekat dengan jaringan listrik ini dilakukan agar tidak mengganggu atau membahayakan, dan menyebabkan lsitrik padam. Total ada 143 titik pohon potensi menyebabkan listrik padam, sudah diamankan,” jelasnya.

Lebih lanjut, selama kurang lebih tiga jam melaksanakan pemotongan tersebut, Agus sapaan akrabnya, mengaku sedikit mengalami kesulitan lantaran pohon-pohon jati ataupun manga yang masih produktif, tidak diperbolehkan untuk dipotong oleh pemiliknya.

Padahal, pemotongan atau pemangkasan pohon tersebut hanya dilakukan oleh petugas, hanya untuk merapikannya agar tidak mengenai kabel listrik.

“Kegiatan berlangsung selama tiga jam tanpa pemadaman listrik, hanya padam sebagian,” katanya.

Dengan adanya kegiatan ini, maka ia berharap agar keandalan supply listrik terjaga handal. Selain itu, Agus juga meminta agar masyarakat aktif melapor apabila menemukan instalasi lsitrik PLN yang rusak, atau ingin melakukan pemangkasan pohon.

“Harapannya keandalan supply listrik terjaga handal, dan warga memberi info serta mengizinkan sedikit dipotong pohonnya, yang dekat dengan kabel PLN,” pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS