Tokoh Muhammadiyah Tuban Minta Masyarakat Hormati Perbedaan Perayaan Hari Raya Idul Adha 2023

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah resmi menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, jatuh pada Kamis 29 Juni 2023 mendatang. Penetapan ini, berdasarkan hasil hisab dan rukyah yang telah dilaksanakan oleh tim hisab rukyat Kemanterian Agama (Kemenag). 

Penetapan Hari Raya Idul Adha tersebut, berbeda dengan Muhammadiyah. Pasalnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah terlebih dahulu menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal Rabu 28 Juni 2023. 

Keputusan ini sendiri, ditetapkan berdasarkan kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal. Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha 2023 versi pemerintah dengan Muhammadiyah, mengalami perbedaan seperti Hari Raya Idul Fitri sebelumnya. 

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Tokoh Muhammadiyah Kabupaten Tuban, Edi Utomo membenarkan bahwa terdapat perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha antara Pemerintah dengan Muhammadiyah. 

"Benar mbak, berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah penetapan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 10 Dzulhijah jatuh pada Hari Rabu Kliwon, tanggal 28 Juni 2023," ungkapnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Selasa (20/6/2023). 

Menurut pria yang akrab disapa Edi tersebut, masyarakat sudah terbiasa dalam menghadapi perbedaan. Sehingga ia berkeyakinan bahwa perbedaan perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini juga bisa diterima oleh masyarakat.

"Bagi kami umat Islam khususnya Muhammadiyah sudah terbiasa menghadapi perbedaan, sehingga saya yakin semua pasti bisa menerima," sambungnya. 

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk saling menghormati antar sesama dan tetap melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan yang masing-masing. 

"Kepada masyarakat untuk tetap saling menghormati dan silahkan untuk melaksanakan aesuai dengan keyakinan masing-masing," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS