Bacaan Niat Puasa Sunnah Tanggal 1-10 Dzulhijjah

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Berikut ini adalah bacaan niat untuk puasa sunnah selama tanggal 1-10 Dzulhijjah, yang di dalamnya terdapat puasa sunnah Tarwiyah, dan Arafah yang perlu diketahui oleh umat Muslim.

Mengutip dari NU Online, Rasulullah SAW bersabda mengenai beribadah pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah seperti berikut ini:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

Artinya: “Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satupun dari keduanya’”.

Niat tanggal 1-7 Dzulhijjah: 

"Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala" Artinya: Saya berniat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah): 

"Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala" 

Artinya: Saya berniat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah): 

"Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala" 

Artinya: Saya berniat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala

Puasa Dzulhijjah memiliki berbagai keutamaan. Salah satunya adalah mampu mengalahkan amalan jihad, sebagaimana disebutkan dalam hadis bahwa tidak ada amalan saleh yang lebih dicintai oleh Allah daripada amalan yang dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Dikutip dari hadits lain pun memberikan penjelasan tambahan terkait hal itu. Disebutkan disana bahwa Allah akan melipatgandakan pahala umat-Nya yang beribadah di 10 hari pertama Dzulhijjah.

“Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar” (HR At-Trmidzi). Maksud dari sebanding dengan satu tahun puasa pada hadits di atas adalah satu tahun puasa sunnah, bukan puasa Ramadhan (Mula al-Qari’, Mirqâh al-Mafâtîh, juz 3, h. 520).

Keutamaan lainnya adalah bahwa puasa Dzulhijjah, khususnya puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah, akan menghapus dosa selama 2 tahun oleh Allah SWT, sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS