Dulu Rumah Warga Tuban Ini Nyaris Roboh dan Sempat Mengungsi

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Tarmi’ah warga asal Desa/Kecamatan Jenu bersyukur tiada henti telah mendapatkan bantuan rumah gratis dari Pemerintah Kabupaten Tuban. 

Ia menceritakan, sebelumnya, ia tinggal dalam gubuk yang tak layak. Setiap malam selalu dihantui rasa was-was karena takut akan ambruk jika hujan dan angin kencang.  

“Bukan rumah mbak, tapi gubuk reyot yang hampir roboh, bocor sana-sini,” ungkapnya dikutip dari laman resmi Tubankab, Minggu (21/5/2023).

Tarmi’ah juga menyampaikan, ia dan suami juga dua orang anaknya sebelumnya juga sempat mengungsi di rumah saudara, akibat kondisi rumah yang sudah tak layak huni.

Ia bersyukur telah mendapatkan rumah layak yang kokoh. “Alhamdulillah sudah punya rumah, saya berterima kasih sekali kepada pemerintah,” ucap Tarmi’ah. 

Untuk Desa Jenu, Kecamatan Jenu sendiri, total bantuan RTLH diberikan kepada 3 keluarga. Hal yang sama diungkapkan oleh Fitri (39) warga Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding. Rumah yang sebelumnya tak bisa digunakan untuk berteduh, kini telah kokoh berdiri melindungi ia dan keluarganya dari panas dan hujan.

“Dulu buat berteduh saja susah mbak, bocor sana sini,” kenang Fitri  dengan mata berkaca-kaca.

Ia bersyukur, anak-anaknya kini tak lagi bingung harus belajar atau tidur. Rumah yang layak, telah memberikan keceriaan bagi anak-anaknya.

Pemkab Tuban sendiri telah membangun setidaknya 77 rumah untuk masyarakat kurang mampu dalam program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di tahun 2022.

Anggaran sebesar Rp 3,85 miliar melalui dana APBD tahun 2022 telah digelontorkan untuk program yang telah rampung dikerjakan di 12 desa dan 3 kelurahan di 7 kecamatan.

Mewakili Pemkab, Lurah Gedungombo Achzar Pradiska Setya Putra mengungkapkan, kelurahannya mendapatkan 10 bantuan RTLH. Ia berterima kasih kepada Pemkab Tuban telah memberikan bantuan kepada warganya.

Achzar berharap, program tersebut akan terus berlangsung, agar lebih banyak masyarakat miskin mendapatkan rumah yang lebih layak.

“Semoga tahun depan jumlahnya bertambah, sehingga warga kami yang layak, namun belum terakomodir tahun ini bisa dapat,” harapnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS