Peringati Puncak HKB 2023, Warga di Kabupaten Tuban Ikuti Simulasi Tanggap Bencana Banjir

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka memperingati puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2023, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar serangkaian acara. Salah satunya ialah melakukan simulasi tanggap bencana banjir.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 14.00 Wib hingga 16.30 Wib tersebut, diikuti setidaknya tujuh kabupaten, yang berada di aliran Sungai Bengawan Solo. Diantaranya ialah Kabupatenn Ngawi, Sragen, Blora, Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan juga Kabupaten Tuban, yang diadakan di masing-masinng wilayah dan tersambung secara virtual.

Dari pantauan blokTuban.com disalah satu lokasi diadakannya simulasi, yang berada di Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Nampak puluhan masyarakat melakukan simulasi cara mengevakuasi diri dan juga barang berharga saat terjadi banjir. Selain itu, petugas juga melakukan simulasi pertolongan apabila terdapat masyarakat yang sedang tenggelam. 

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, dalam sambutannya mengatakan jika aspek pencegahan sebelum terjadinya bencana sangat penting. Oleh karena itu, seluruh elemen harus memelihara dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Pencegahan ini, tentu saja unsur terdepannya adalah kesiapsiagaan kita semua. Mulai dari masyarakat, pemerintahan, kepala daerah, maupun media, semuanya harus memelihara dan meningkatkan kesiagaan tersebut,” katanya, Selasa (16/5/2023).

Selain itu, dalam kesempatan tersebut ia juga mengingatkan kepada seluruh pihak, bahwa edukasi, sosialisasi, pelatihan, dan simulasi kesiapsiagaan bukalah pelajaran yang terjadi satu kali dalam hidup. Namun, pembelajaran serta upaya yang terjadi seumur hidup.

Oleh karena itu, kegiatan tanggap bencana harus dilakukan setiap tahunnya. Pasalnya, dengan berlatih maka masyarakat akan lebih siap dalam menghadapi atau menanggulangi bencana yang datang.

“Apapun jenisnya, bencana adalah kejadian berulang. Sekali pernah terjadi di masalalu, maka kemungkinan besar akan terjadi di masa depan,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, mengungkapkan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023, Kabupaten Tuban mengadakan beberapa kegiatan sebelum diadakannya puncak peringatan HKB Tahun 2023.

Diantaranya ialah penanaman pohon, serta diskusi kecil terkait kesiapsiagaann bencana di Kabupaten Tuban.

“Ada beberapa kegiatan yang mendahuluinya, yang pertama tentunya penanaman penghijauan, dan melakukan diskusi kecil terkait dengan kesiapsiagaan bencana, dengan OPD terkait. Kemudian Hari ini kita akan laksanakan gladi simulasi, evakuasi inklusi bencana,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten menarik blokTuban.com lainnya di GOOGLE NEWS