Amalan Jumat Terkahir Ramadan, Kesempatan Memperbaiki Ibadah Salat

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Hari ini Jumat (21/4/2023) umat muslim melaksanakan puasa ke 30, bertepata dengan Jumat terakhir di bulan Ramadan.

Perlu diketahui terdapat beberapa keistimewaan pada Jumat terakhir di bulan Ramadan. Salah satu keistimewaan itu tradisi menjalankan salat kafarat atau disebut shalat al-bara’ah, usai salat Jumat.

Salat kafarat diniatkan untuk mengqadha salat fardlu yang diragukan ditinggalkan atau yang tidak sah.

Salat kafarat dilakukan sejumlah rakaat shalat fardlu. Lima kali waktu salat—dhuhur, ashar, maghrib, isya dan subuh—total 17 rakaat.

Selain salat kafarat, terdapat keistimewaan jumat terakhir di bulan Ramadan dan dianjurkan melakukan amalan-amalan berikut:

1. Membaca Selawat Nabi 

Amalan jumat terakhir bulan Ramadhan yang bisa Anda kerjakan berikutnya yaitu mengumandangkan selawat nabi sebanyak-banyaknya. Anda juga bisa membaca selawat nabi pada hari Jum’at yang mana memiliki keutamaan sendiri. 

2. Berdoa 

Tidak ada larangan untuk memanjatkan doa, Anda bisa mengucapkannya kapan pun dan di mana pun. Berdoa merupakan bentuk permohonan dan permintaan yang bisa ditujukan kepada Allah SWT. Ada sejumlah keutamaan berdoa jika dilakukan hari Jum’at dan termasuk waktu terbaik untuk memanjatkan do’a. 

3. Mengucapkan Istigfar 

Istigfar termasuk cara memohon ampun kepada Allah SWT. Mengucap istigfar bisa membentengi diri kita dari perbuatan dosa. Karena itu, anjuran istigfar bisa Anda lakukan sebagai bentuk amalan jum’at terakhir Ramadhan. 

4. Mengucapkan Syahadat 

Syahadat diartikan sebagai pengakuan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad merupakan utusan Allah SWT. Dalam kalimat syahadat juga terdapat setiap penggalan doa. Karena itu, syahadat termasuk bentuk bagaimana kita semakin menanamkan nilai Islam semakin mendalam. 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS