Ramadan Heppiii, Festival Tongklek di Tuban Dimeriahkan Peserta dari Lamongan hingga Bojonegoro

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com – Sebuah Festival Tongkel 2023 di bulan Ramadan yang digelar oleh Heppiii Community di Tuban berlangsung meriah. 

Kegiatan yang mengusung tema Ramadan Heppiii ini diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya adalah kegiatan Festival Tongklek 2023 yang digelar di Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Antusias peserta untuk mengikuti festival musik tradisional itu berasal dari berbagai daerah seperti Kabupaten Lamongan, Bojonegoro dan Tuban sendiri. Kegiatan tersebut telah berjalan tiga tahun selama bulan Ramadan tiba.

“Kegiatan ini sudah berjalan di tahun ketiga,” ungkap Ketua Panitia Festival Tongklek 2023 Desa Kendalrejo, Tuban, Jawa Timur Mohamad Imam Sholihin di kutip Kamis (20/4/2023).

Ia menjelaskan festival tersebut di gelar Jumat (14/4/2023), dan antusiasme warga yang datang selalu tinggi di setiap festival digelar. Seperti saat momen Ramadhan Heppiii yang digelar di pekan pertama bulan puasa lalu ada ribuan warga memadati lokasi festival.

"Jadi konsepnya para peserta lomba jalan sambil memainkan tongklek sejauh 3 kilometeran. Sepanjang jalur yang dilewati dipadati warga, terlihat kemeriahan dan kerukunan antar warga menyatu dalam suasana bulan ramadan," kata Mohamad Imam Sholihin.

Total ada 13 kelompok yang mengikuti Festival Tongklek dalam Ramadhan Heppiii di Tuban ini. Setiap grup maksimal diikuti 20 orang, dan alat musik yang dipakai harus tradisional. 

Sebagai juara 1 berhak mendapatkan hadiah Rp1,5 juta, juara 2 Rp1 juta, juara 3 Rp750 ribu, juara 4 Rp500 ribu dan juara 5 Rp250 ribu.

Koordinator Ramadan Heppiii di Tuban M. Afif Amrullah mengatakan selain festival tongklek warga desa juga ada yang membuka donasi yang hasilnya diberikan kepada anak yatim. Semua hasil donasi dari warga diberikan pada Sabtu (15/4/2023)

"Kegiatan Ramadhan Heppiii di Tuban digelar di Desa Klumpit, kemudian Desa Kendalrejo, lalu Desa Kenti. Semua kegiatan diarahkan untuk sosial dan kegiatan lain yang menampilkan kerukunan dan kemeriahan saat bulan puasa," ungkapnya.

Koordinator kegiatan Ramadhan Heppiii Ronald Theo Lesmana mengatakan kegiatan ini digelar serentak di 17 lokasi berbeda di wilayah Jawa Timur dan sebagian berada di Pangkalan Bun. Kegiatan ini mengambil tema 'Bersama Melakukan Kebaikan'.

"Kami ucapkan terima kasih kepada karta Heppiii Community yang sudah menggelar Ramadhan Heppiii. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat untuk semua," jelasnya.

Karta desa yang menggelar kegiatan ini mulai dari wilayah Tuban, Bojonegoro, Jombang, Kediri, Madiun Magetan, Ngawai. Kemudian Ponorogo, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso hingga Banyuwangi serta luar Pulau Jawa ada Pangkalan Bun.[Rof/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS