Kemplang, Rekomendasi Kudapan di Hari Raya Khas Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Jika Anda bingung atau hendak mencari Kudapan untuk mengisi meja saat hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Mungkin camilan kemplang khas Kabupaten Tuban, bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bingung mencari kudapan di hari raya.

Kemplang sendiri merupakan salah satu cemilan khas Kabupaten Tuban, yang terbuat dari tepung terigu yang dikasih bumbu kemudian di pipihkan seperti keripik. Kemplang sendiri memiliki cita rasa yang gurih pedas dan renyah.

Salah satu rekomendasi olahan kemplang yang nikmat untuk kudapan di hari raya yaitu produk kemplang dari usaha rumahan Untung Jaya, yang berada di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Owner Untung Jaya Rusmini (48) mengatakan, bahwa usaha ini sudah ia tekuni sejak tahun 2018 silam.

“Saya mulai membuat kemplang ini sejak tahun 2018 hilang,” ujar owner Untung Jaya Rusmini (48) kepada blokTuban.com, Sabtu (15/04/2023).

Rusmini menceritakan ia bisa membuat kemplang saat itu secara otodidak dan ia memproduksi kemplang awalnya hanya untuk dikonsumsi pribadi. Namun saat itu ada salah satu tetangganya mencicipi kemplang buatannya dan ternyata enak, akhirnya tetangganya tersebut ikut pesan kemplang.

Kemudian dari tutur cerita tetangganya tersebut, akhirnya banyak tetangga yang lain juga ikut pesan kemplang kepada dirinya. Dan dari cerita tutur tersebutlah kemplang buatan Rusmini bisa terkenal hingga sekarang.

Untuk varian rasa dari kemplang buatannya ada 3 variasi, mulai dari gurih biasa, pedas, hingga extra pedas.

“Saat ini kami sediakan 3 varian mas,” ujarnya.

Untuk harga kemplang di Untung Jaya sendiri tergolong cukup ramah di kantong, satu kilogram kemplang varian biasa dan pedas cuma Rp30 ribu, sedangkan untuk rasa extra pedas cuma Rp35 ribu.

Karena rasanya yang enak kemplang ini penjualannya sudah merambah pasar Jawa Timur dan yang paling jauh saat ini sudah sampai Kota Malang.

“Pembeli biasanya dari Tuban sendiri dan Lamongan, Bojonegoro dan paling jauh Malang,” imbuhnya.

Keunggulan dari Kemplang yang diproduksi di usaha rumah Untung Jaya ini, yaitu rasanya lebih gurih dari pada kemplang-kemplang lainnya, teksturnya yang renyah juga menjadi nilai plus Kempang Untung Jaya ini, selain itu dalam pembuatan kemplang ini tidak menggunakan bahan pengawet menjadikannya semakin nikmat.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi kemplang khas Tuban ini bisa menghubungi whatsapp 0856-4565-9681.[Nur/Dwi ]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS