Batik Gedog Tulis Radhika, Batik Khas Tuban yang Tembus Pasar Luar Negeri

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Batik gedog khas Tuban merupakan batik yang dibuat dari kain hasil tenunan tangan yang terbuat dari kapas. Selain itu, pewarnaan batik gedog khas Tuban juga menggunakan bahan alami seperti, warna biru dari pohon nila, warna merah dari pohon mengkudu, dan warna kuning dari akar pohon mangga. 

Penggunaan bahan-bahan alami inilah yang menjadikan batik gedog khas Tuban terlihat eksotis dan tidak bisa disamai dengan produk batik-batik lainnya. Berdasarkan warnanya, Batik Gedog memiliki 4 jenis motif. Pertama, batik putihan yang berwarna dasar putih dan bercorak biru tua atau hitam. 

Kedua, batik bangrod yang berwarna merah. Ketiga, batik pipitan yang memadukan warna merah dan biru tua. Dan yang keempat ada batik irengan dengan warna dasar biru tua atau hitam yang disertai dengan corak putih.

Salah satu lokasi yang dapat kalian kunjungi untuk mendapatkan Batik Gedog khas Tuban yaitu di Toko Batik Tulis Radhika yang berada di Jl. Letda Sucipto No.116B, Perbon, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Latifa Ulfa (23 tahun) selaku karyawan toko Batik Radhika mengaku sudah menjadi karyawan selama kurang lebih 2 tahun terhitung sejak tahun 2020. Toko batik ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

Toko Batik Tulis Radhika tidak hanya hanya menjualnya saja, akan tetapi Batik Radhika juga memproduksi produk batik hasil buatan sendiri yang diolah di rumah produksinya. Toko ini sekarang memiliki 3 orang karyawan.

Tak hanya diperjual belikan pada masyarakat sekitar saja, akan tetapi batik ini juga sudah di ekspor ke luar kota hingga ke luar Negeri. 

“Kalo untuk penjualan produk batik ini sudah banyak keluar kota, apalagi kalo hari raya itu biasanya dibuat oleh-oleh. Batik ini juga sudah sampai keluar negeri juga sudah pernah seperti, Malaysia dan China biasanya itu pesan lewat instagram terus di kirim gitu,” ujar perempuan 23 tahun tersebut saat diwawancarai, Rabu (15/3/2023).

Untuk harga Batik Tulis Radhika juga bermacam-macam mulai dari harga Rp125 ribu hingga Rp 1.4 juta tergantung kualitas produk. Produk yang dijual pun juga bermacam-macam mulai dari kain, daster, baju atasan laki-laki dan perempuan, baju anak, mukenah, rok, dan peci.

“Harga batiknya itu bermacam-macam mulai dari Rp125 ribu sampe yang paling mahal itu sutra dengan harga Rp1.4 juta,” imbuh perempuan 23 tahun tersebut. 

Diketahui produk yang paling laris pada toko Batik Tulis Radhika ini biasanya batik dengan harga Rp150 an dalam bentuk kain. Biasanya yang paling laris terjual dalam bentuk kain dengan harga Rp150.000, dan yang kedua model baju.

Di sisi lain momen paling laris di toko Radhika biasanya weekend yaitu Sabtu dan Minggu. Selain dapat melayani di tempat toko Batik Tulis Radhika juga dapat melayani pesanan melalui Instagram (dewi.batikradhika). [Lia/Ali]

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS