Askab PSSI Tuban Siapkan Diri Untuk Menjaring Bibit Sepak Bola Wanita

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Salah satu target dari pengurus baru Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Tuban yaitu menaikkan persepak bolaan wanita di Kabupaten Tuban. 

Bahkan hal ini juga mendapatkan dukungan dari Sekjen Asosiasi Provinsi (Asprov)  PSSI Jawa Timur, Dyan Puspito Rini saat dikonfirmasi usai pelantikan pengurus Askab PSSI Tuban, Selasa (15/03/2023). 

Wanita yang akrab disapa Dyan ini mengatakan bahwa saat ini sepak bola wanita masih sangat jarang di Jawa Timur terlihat saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). 

“Dari 38 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur yang mengikuti Porprov baru ada 9 tim yang mengikuti sepak bola wanita,” ujar Sekjen Asprov PSSI Jawa Timur, Dyan Puspito Rini. 

Saat ini masyarakat harus meninggalkan persepsi kalau sepak bola hanya bisa dimainkan laki-laki saja. Namun olahraga sepak bola bisa dimainkan semua orang dan tak terafiliasi dengan gender tertentu, dengan tetap mengikuti aturan yang benar. 

Kendati saat ini kompetisi liga wanita tingkat nasional belum ada, Dyan akan terus mendorong tim sepak bola wanita untuk menyiapkan diri terkait hal tersebut. 

“Kita akan terus menyiapkan diri, tim sepakbola wanita agar tetap latihan jika memang tidak ada kompetisi bisa sebagai ajang menjaga kebugaran tubuh,” tambahnya. 

Sedangkan Ketua Askab PSSI Tuban Budi Sulistiyono mengatakan bahwa, saat ini sepak bola wanita di Kabupaten Tuban masih belum populer. 

“Kita lihat muaranya seperti apa, namun jika even semakin bergairah kita juga akan mengikutinya,” ujar Ketua Askab PSSI Tuban Budi Sulistiyono. 

Pria yang akrab di sapa Budi ini menambahkan, saat ini di Kabupaten Tuban sudah ada beberapa tim dan pembinaan sepak bola wanita, seperti di Kecamatan Kerek, Tambakboyo, dan Tuban kota, bahkan untuk kepengurusan saat ini ada perwakilan sepak bola wanita yang dimasukkan ke komite. 

Untuk itu, di bawah kepemimpinan Budi, persepak bolaan wanita juga akan di gencarkan pembibitannya oleh pengurus Askab PSSI Tuban. [Nur/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS