Ratusan Tenaga Pengajar di Tuban Hadiri Workshop Mendongeng

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Dalam Rangkan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-23 tahun, Yayasan Bina Insan Kamil Tuban menggelar workshop mendongeng yang diikuti oleh ratusan tenaga pelajar dari berbagai wilayah yang ada di Bumi Ronggolawe Tuban. 

Narasumber Workshop Mendongeng sekaligus Penggerak Gurita (Guru Insan Kamil Bercerita), Susilo Purwati mengatakan jika kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara, yang diselenggarakan dalam memperingati Milad Yayasan Bina Insan Kamil Tuban. 

"Karena guru-guru dari Insan Kamil ini memiliki beberapa pendongeng, yang bekerjasama dengan Perpusda. Akhirnya kita dimotivasi oleh Ketua Umum Yayasan untuk menyelenggarakan kegiatan agar guru-gurunya dapat berbagi ilmu mendongeng kepada masyarakat Tuban," ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui setelah acara, Sabtu (11/3/2023). 

Dalam kegiatan bertajuk menjadi pendongen yang memukau tersebut, mendapatkan antusias dari masyarakat sangat luar biasa. Terbukti, terdapat kurang lebih sekitar 350 peserta yang datang dari penjuru daerah di Kabupaten Tuban, mulai dari Tuban Kota, Plumpang, Palang, Rengel, hingga Kecamatan Bancar. 

Bahkan dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak senyum ceria dari para peserta tidak pernah pudar. Pasalnya kendati sesi workshop tersebut memakan waktu yang cukup lama, namun narasumber berhasil mengemasnya dengan sangat epic, sehingga peserta tidak ada yang merasa bosan. 

"Alhamdulillah antusiasme masyarakat dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, sangat luar biasa, dengan total peserta sebanyak 350 orang. Sebenarnya masih banyak yang mendaftar tapi kita batasi demi kenyaman bersama," jelasnya. 

Disamping itu, adanya workshop ini sendiri, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendongeng masyarakat di Kabupaten Tuban. Pasalnya, mendongeng tanpa disertai dengan teknik maka akan cenderung membosankan. 

Lebih lanjut, dengan digelarnya kegiatan secara gratis ini, maka diharapkan agar banyak masyarakat yang gemar mendongeng di Kabupaten Tuban. Sehingga imajinasi dari anak-anak dapat terus terjaga dan kecerdasan dapat lebih berkembang. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS