Terletak di Bawah Pasar, Wisata Legendaris Tuban Ini Masih Jadi Favorit Wisatawan

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Salah satu lokasi wisata legendaris di Kabupaten Tuban, yang masih memiliki daya tarik bagi pengunjungnya yaitu wisata Gua Akbar. Wisata ini berlokasi di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Wilayah Kabupaten Tuban yang merupakan wilayah kars menjadikan Kabupaten Tuban memiliki 325 gua dan salah satu goa ter kenal di Tuban yaitu Gua Akbar.

Gua akbar sendiri merupakan salah satu wisata alam yang lokasinya sangat strategis karena berada di tengah kota.

Menurut Rony Firman Firdaus pengelola objek wisata Gua Akbar mengatakan bahwa, Gua Akbar sampai saat ini masih menjadi salah satu primadona wisata di Kabupaten Tuban.

“Untuk pengunjung Goa Akbar sendiri masih tergolong ramai terlebih di hari Sabtu dan Minggu,” ujar Rony firman firdaus pengelola sara objek wisata  Gua Akbar kepada blokTuban.com, Minggu (5/4/2023).

Biasanya para pengunjung Gua Akbar, merupakan para pengunjung luar Kabupaten Tuban, serta beberapa juga dari dalam Kabupaten Tuban sendiri. Untuk datang ke wisata alam ini rutenya pun sangat mudah, karena pintu masuknya terletak di belakang Pasar Baru Kabupaten Tuban.

Tiket masuk juga sangat ramah di kantong, tiket masuk untuk orang dewasa di hari Senin hingga Jumat hanya Rp.8.000. Sedangkan di akhir pekan tiket cuma Rp10.000, untuk anak-anak di hari biasa tiket dihargai dengan harga Rp5.000 sedangkan akhir pekan Rp7.000.

Setelah membeli tiket kalian bisa menikmati keindahan Gua Akbar yang memiliki panjang 1,2 kilo meter, bahkan untuk mengelilingi gua tersebut, diperlukan waktu hampir setengah jam perjalanan.

Hal unik lainnya yang dapat di temui di gua ini yaitu terdapat kolam-kolam yang ada di dalam gua, serta berbagai bebatuan yang menyerupai bentuk-bentuk binatang dan perabotan rumah.

Di akhir perjalanan atau di pintu keluar goa, nantinya akan ada musala untuk beristirahat dan salat. Selain itu, juga pengelola menyediakan tempat-tempat duduk santai, dan tak ada salahnya sembari beristirahat juga memesan minuman yang dijual oleh pedagang di sekitar pintu keluar goa baik minuman dingin atau hangat.

Pria alumni Universitas Udayana ini, menambahkan Saat mengunjungi goa tidak ada larangan khusus tetapi harus tetap berperilaku baik serta dilarang merokok.

“Kalau di Goa jangan berperilaku buruk, dan jangan merokok,” tandasnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS