Punya Catatan Waktu 7,9 Detik, Dwi Kili Cuci Motor Yamaha Fiz R Jombang Targetkan Juara di Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Salah satu yang menjadi daya tarik dalam Tuban Drag Bike Open yang digelar di KH. Abdul Wahab Hasbullah (Ring road) ini adalah motor Yamaha Fiz R milik warga Jombang, Minggu (12/01/2023).

Pada umumnya motor Fiz R bekas jika di pasaran mungkin hanya menghabiskan dibandrol dengan harga 7 Hingga 10 juta saja, akan tetapi motor Fiz R milik warga Jombang ini total menghabiskan uang 40 juta rupiah. Motor tersebut diberi nama, Dwi Kili Suci dan diklaim best time Indonesia dengan waktu 7.940 detik.

Menurut Kevin asisten mekanik motor mengatakan bahwa dari total seluruh harga tersebut yang menjadi mahal ialah mesin sama body motor.

“Motor total habis 40 juta untuk bagian termahal yaitu mesin dan body motor, karena body tersebut menyesuaikan dengan selera,” ujar Kevin kepada blokTuban.com, Minggu (12/01/2023).

Baca juga:

Tuban Drag Bike Wadahi Pebalap Liar, Rencana Digelar Setahun 2 Kali

Untuk waktu pengerjaan motor drag sendiri, sebenarnya tidak memakan waktu lama, karena jika semua sparepart ada dalam waktu 1 minggu motor sudah bisa dipakai.

Menggarap sebuah motor drag memiliki tantangan tersendiri seperti saat nyeting motor. Hal tersebut menurut Kevin menjadi salah satu tugasnya terberatnya sebagai seorang mekanik. Selain itu, dengan motor standar yang difungsikan sebagai motor drag terkadang, rawan sebuah piston mengalami macet, dengan kesabaran dan kerja keras dari tim semua masalah tersebut dibayar tuntas dengan prestasi yang diraih.

Walaupun menghabiskan uang 40 juta motor Fiz R tersebut tidak berubah banyak karena di kelas 116 cc yang boleh dirubah cuma rasio saja, jadi untuk karbu mesin semua masih standar. Kendati standar ada beberapa printilan yang memang di custom atau beli aftermarket seperti shock, velg, tangki motor dan kabel-kabel.

Baca Juga:

Warga Tuban Harapkan Event Drag Bike Digelar Tiap Tahun

Motor ini sendiri telah melalang Buana di berbagai wilayah yang ada di Indonesia untuk mengikuti drag race seperti di Makassar, Bali, Jogja, Kudus bahkan Pati di lokasi tersebut juga Dwi Kili Suci terus menang.

“Alhamdulillah di berbagai lokasi yang telah kita datangi mendapat juara dan di Tuban ini kami targetkan pulang membawa medali juara juga,” tutupnya.

Mengutip laman autonine, pemberian nama Dewi Kili Suci pada F1Z R milik Baja Beton Randumas Racing Team, Jombang bukan sok dan asal memberi nama. Dewi Kili Suci adalah salah satu sosok legenda asal Jombang, yang selalu berbagi berkah dan identik dengan perilaku sosial.

Menjadi representasi yang pas bagi pribadi M. Fatkul owner Baja Beton Randumas Racing Team, Jombang. Persis dengan warna rangka terbaru Gold Lite garapan Ocim Design, Mojokerto, yang diaplikasi saat ini. [Nur/Ali]

Baca juga:

Tuban Drag Bike Open Championship 2023: 109 Rider dan 280 Starter Unjuk Gigi di 22 Kelas

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS