Berkah Wisata Rumpun Bambu di Tuban Beri Dampak Positif Masyarakat Sekitar

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Dengan kehadiran Wisata Rumpun Bambu (WRP) di Dusun Beron Kidul RW 4 Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban menjadi berkah bagi warga sekitar.

WPR didirikan selain sebagai wisata juga memiliki tujuan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua pengelola Rumpun Bambu, Irfan Afandi.

“Salah satu tujuan selain mengelola potensi yang ada kita juga ingin memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Ketua Pengelola Rumpun Bambu Irfan Afandi kepada blokTuban.com, Sabtu (28/01/2023).

Salah satu warga yang merasakan kemanfaatan wisata baru ini ialah Nia (31) ia berjualan mulai dari 1 Januari 2023.

“Saya mulai jualan di sini awal tahun tepatnya tanggal 1,” ujarnya.

Nia berjualan di wisata rumpun bambu mulai jam 10 pagi hingga jam 5 sore untuk pendapatan ia mengatakan bahwa dalam satu hari tidak bisa dipastikan. Akan tetapi, untuk pendapatan kotor jika wisata sedang ramai, ia bisa mendapatkan uang 1 juta kotor dalam satu hari.

Hampir sama dengan Nia pedagang yang berada di sebelah selatan danau, Susri (42) mengatakan bahwa ia sebelum berjualan di lokasi wisata ini hanya berjualan di Tempat Pendidikan Al-Quran (TPQ). Tapi setelah berjualan di wisata rumpun bambu pendapatan nya bisa dibilang lebih baik.

“Alhamdulillah kalau berjualan disini daripada dulu waktu masih berjualan di TPQ,” paparnya.

Berbeda dengan Nia ia melapak mulai pukul 08.00wib hingga 17.00 wib. Jika wisata sedang ramai ia bisa mendapatkan pendapatan kotor sekitar Rp500 ribu.

Untuk para pedagang di lokasi ini biasanya menjajakan makan ringan dan minuman, serta para pedagang ini juga menyediakan pakan ikan jika ada pengunjung yang hendak memberi makan ikan yang ada di danau, untuk harga makanan dan minuman di lokasi ini sangat ramah dikantong mulai dari Rp2.000 hingga Rp10.000 saja. [Nur/Dwi]

  

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS