Kebakaran Kandang Sapi Milik Warga Tuban, Tetangga Sempat Dengar Letusan 3 Kali

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Akibat tidak memastikan perapian, kandang sapi milik warga Dusun Randu Pagir  Rt. 01 Rw. 04 Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban hangus terbakar pada Minggu (15/01/2023) pagi.

Kapolsek Rengel, AKP Dean Tommy Rimbawan menceritakan kronologi kejadian yang terjadi sekitar pukul 03.30 Wib. Saat itu, Saeri (54) salah satu warga setempat yang sedang tidurmendengar ada suara letusan sebanyak 3 kali dari luar rumahnya. Ia langsung bergegas keluar rumah untuk mengecek apa yang terjadi.

Dia terkejut karena kandang sapi milik tetangganya atas nama Adnan (62) telah dilahap si Jago Merah. Mengetahui kandang sapi milik tetangganya terbakar, Saeri langsung bergegas memberitahu korban. Melihat api yang semakin membara, perangkat desa lantas menghubungi Polsek Rengel dan petugas Satpol pp dan Damkar Kabupaten Tuban.

“Kami mendapatkan telepon bahwa telah terjadi sebuah kebakaran di kandang sapi sekitar pukul 04.00 Wib” ujar Kapolsek Rengel, AKP Dean Tommy Rimbawan kepada blokTuban.com.

Baca juga:

Sepanjang 2022 Terdapat 56 Kasus Kebakaran di Tuban

Petugas yang datang di lokasi langsung melakukan upaya pemadaman api dan melakukan evakuasi 3 ekor sapi yang masih berada di dalam kandang. Akibat kejadian ini, petugas dari Satpol PP dan Damkar mengerahkan satu unit mobil truk pemadam kebakaran dari pos Rengel

“Kami kerahkan satu unit mobil truk pemadam kebakaran dari pos Rengel, “ sambung Kepala Bidang Damkar Satpol PP dan Damkar Tuban, Sutaji.

Dengan dibantu warga, satu jam api yang membakar kandang berukuran 8 meter x 6 meter itu berhasil dipadamkan. Akibat Kejadian ini diperkirakan korban mengalami kerugian material hingga 10 juta rupiah.

Kebakaran ini diduga karena perapian sapi (diang) yang sebelumnya dibakar oleh pemilik kandang menjalar ke tumpukan tebon (gagang jagung kering), tumpukan kayu dan serbuk bekas gergaji yang mudah terbakar. Api membesar dan meratakan kandang sapi dengan tanah. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS