Diperkuat 751 Atlet, Jatim akan Datangkan Pelatih Asing Jelang PON 2024

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumatra Utara menjadi momen yang dinantikan seluruh atlet dan pelatih Jawa Timur. PON 2024 kondisinya berbeda dengan PON Papua sebelumnya. 

Di Papua tercatat hanya 37 cabor dengan 681 nomor pertandingan di PON 2024 ada 65 cabor dengan 1033 nomor pertandingan.

Sebelumnya di PON Papua, Jatim meraih 110 emas, 89 perak dan 88 perunggu. Di PON 2024 nanti KONI Jatim berkomitmen untuk bisa meningkatkan prestasi. 

Ketua KONI Jatim M Nabil mengaku bukan hal mudah untuk meningkatkan prestasi sebab secara situasi berbeda karena nomor pertandingan yang lebih banyak. 

"Untuk itu kami tetap menerapkan program lima pilar yang sudah ada untuk memantau kondisi atlet secara rutin. Ada juga mungkin mendatangkan pelatih asing. Termasuk program try out dalam maupun luar negeri karena ini untuk mengukur kekuatan," ujarnya dikutip dari Kominfo Jatim, Sabtu (7/1/2023). 

Baca juga:

Stadion Surajaya Lamongan Diberi Nilai 69,15, Begini Artinya

Di Puslatda Jatim 100/V ini dihuni 751 atlet dan 200 pelatih. Namun, jumlah tersebut belum fix karena nantinya ada promosi degradasi dan ada juga cabang olahraga  yang masuk program pembinaan khusus, artinya mereka juga dibiayai KONI Jatim tapi tidak seperti Puslatda. Nantinya kalau pada Kejurnas/Pra PON mereka mendapat medali emas, maka mereka baru masuk program Puslatda. 

"Jadi jumlah 751 atlet itu, nantinya masih bisa bertambah lagi, tergantung hasil mereka di kejurnas dan Pra PON," bebernya. 

Pada Jumat (6/1) sore, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa secara resmi melaunching Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) Jatim 100 - V bagi atlet yang dipersiapkan untuk berlaga pada pesta olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. 

Puslatda Jatim 100 Ke-5 untuk PON 2024 ini merupakan persiapan secara sistemik dan programmatik, terukur prestasinya dimulai dari Puslatda ini, bagian untuk meraih prestasi terbaik prestasi tertinggi. 

"Dalam lagu Mars Patriot Olahraga, biar mata dunia memandang Indonesia, maka untuk Kontingen Jatim, biar mata dunia memandang Jawa Timur, kita dahsyat dan perkasa. Yang patriot tentu atletnya, pelatihnya dan kita semua menjadi Patriot Jawa Timur," tandas Khofifah. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS