Sepuluh Tahun Pengabdian Yayasan Pendidikan Manba'ul 'Ilmi

Oleh: Ahmad Qomaruddin*

 

blokTuban.com - Yayasan Pendidikan Manba'ul 'Ilmi yang biasa di singkat dengat YPMI dalam mengabdi atau berhidmat kepada Bangsa dan Negara serta Nahdlatul Ulama sudah 10 tahun lamanya. Yang mana YPMI berangkkat dari Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah Manba'ul 'Ulum dan kemudian di susul berdirinya lembaga-lembaga lainya seperti TPQ Miftahul Huda, MI Manba'ul 'Ulum dan beberapa lmbaga sosial dan keagamaan.

 

Di dalam yayasan tersebut, berdiri pula Majlis Riyadloh Cakara Buana yang mengembangkan ilmu kanuragan pengobatan dan sejenisnya. Selain itu ada juga Majlis Sholawat Mugtsuna sebagai wadah para pemuda untuk meluapkan rasa mahabah kepada Nabi Muhammad, dengan cara bersolawat dan pembacaan maulid Nabi.

 

YPMI pun memiliki lembaga filantropi yang setia tahunnya rutin santunan yatim piatu. Lembaga ini bernama UPZIS NU YPMI.

 

Peran UPZIZ di antaranya memfasilitasi para donatur dalam berinfaq dan sedekah di YPMI dengan Aman, karena dikelola lembaga yang legal. Alhasil, YPMI bisa memberi manfaat kepada masyarakat dalam berbagai bentuk program yang berbeda-beda.

 

Lembaga-lambaga di bawah naungan yayasan merupakan kepanjangan dari program-program YPMI untuk menjalankan Visi Misi. Sekarang sudah saatnya YPMI untuk untuk terus meningkatnya kualitas dan kuantitasnya agar apa yang di programkan YPMI Bisa terlaksana secara maksimal.

 

Tetapi semua itu tidak lepas dari kinerja para pengurus serta peran masyarakat yang gigih dalam membantu mensukseskan program-program YPMI.

 

Dalam momentum Harlah YPMI yang ke 10 ini mengangkat tema meningkatkan Pendidikan Islam dalam memahami dan menjaga Faham Ahlus Sunnah Wal Jamaah An Nahdliyah. Sebab, kondisi saat ini semakin maraknya faham-faham radikalisme dan takfiri yang menyerang di lingkup pendidikan.

 

Oleh sebab itu, YPMI mengambil sikap yang tegas untuk membentengi para santri dari faham-faham terlarang tersebut.

 

Semoga dengan adanya Harlah tersebut bisa menambah semangat baru kepada para pengurus, guru serta para santri YPMI dalam mewujudkan program-pragram yang akan di laksanakan. Ke depan harapan besarnya semoga YPMI semakin berkembang dan maju serta mampu menjalankan visi misinya dengan baik.

 

*Ahmad Qomaruddin: Pengasuh Yayasan Pendidikan Manba'ul 'Ilmi