Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca yang kurang bersahabat belakangan ini, membuat aktivitas menjadi loyo dan kurang bersemangat. Pasalnya, di tengah cuaca ekstrem akibat curah hujan yang tinggi, tak bisa dipungkiri jika seringkali hawa panas masih saja mengintai.

Mencari minuman yang manis dan segar, pasti akan dilakukan oleh kebanyakan orang saat menghadapi cuaca seperti itu. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan keadaan tersebut, sebagai ide bisnis yang menggiurkan.

Salah satunya, yang dilakukan oleh Ida warga Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, yang menjual minuman kekinian yang banyak digandrungi para kaum milenial, yaitu es lumut dengan berbagai varian rasa.

Menurutnya, dalam membuat minuman dingin satu ini, tidak memerlukan bahan yang banyak. Selain itu, proses pembuatannya juga tergolong sangat simple dan cepat. Sehingga sangat rekomended jika dipraktekkan di rumah.

“Sebenarnya saya jualan es lumut ini baru karena coba-coba biar jualannya lebih bervariasi, ternyata banyak yang suka dan habisnya cepat. Pembuatannya simple dan bahannya mudah dicari,” paparnya kepada blokTuban.com, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga :

- Buka IDC 2022, Menteri Koperasi dan UKM Dorong AMSI Jalankan Bisnis Media Sehat

- Jadi Ide Bisnis Kekinian, Begini Cara Membuat Pisang Kulit Coklat

- Manfaatkan Pekarangan, Wanita Tuban ini Bisnis Bunga Telang hingga Layani Permintaan Ekspor

Untuk membuat es lumut ini, yang harus dilakukan ialah menyiapkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan. Mulai dari nutrijel, susu kental manis, susu evaporasi, air, dan juga es batu. Pertama-tama, rebus nutrijel hingga mendidih.

Sebelum nutrijel yang sudah matang tersebut dingin, maka selanjutnya ialah masukkan es batu ke dalam adonan nutrijel dan aduk-aduk dengan cepat. Tujuannya, agar nutrijel tidak menggumpal.

“Untuk nutrijelnya varian rasanya sesuai selera, kalau nutrijelnya sudah hancur dan teksturnya seperti lumut, terus kita masukan susu evaporasi dan susu kental manis,” jelasnya.

Jika seluruh bahan tersebut sudah tercampur dengan rata, maka jangan lupa untuk mencicipi terlebih dahulu rasa dari minuman tersebut. Jika dirasa sudah sesuai, selanjutnya dapat langsung dimasukkan ke dalam kemasan.

“Saya di sini pakai kemasan pouch ukuran kecil, karena jualnya juga dengan harga Rp2000 untuk anak-anak sekolah, untuk satu kali pembuatan bisa menghasilkan 25-30 pcs es lumut,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS