11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban

bloktuban.com | Monday, 28 November 2022 05:00

Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban Harga murah: es lumut minuman kekinian yang viral di kalangan anak sekolah. (Foto; Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca yang kurang bersahabat belakangan ini, membuat aktivitas menjadi loyo dan kurang bersemangat. Pasalnya, di tengah cuaca ekstrem akibat curah hujan yang tinggi, tak bisa dipungkiri jika seringkali hawa panas masih saja mengintai.

Mencari minuman yang manis dan segar, pasti akan dilakukan oleh kebanyakan orang saat menghadapi cuaca seperti itu. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan keadaan tersebut, sebagai ide bisnis yang menggiurkan.

Salah satunya, yang dilakukan oleh Ida warga Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, yang menjual minuman kekinian yang banyak digandrungi para kaum milenial, yaitu es lumut dengan berbagai varian rasa.

Menurutnya, dalam membuat minuman dingin satu ini, tidak memerlukan bahan yang banyak. Selain itu, proses pembuatannya juga tergolong sangat simple dan cepat. Sehingga sangat rekomended jika dipraktekkan di rumah.

“Sebenarnya saya jualan es lumut ini baru karena coba-coba biar jualannya lebih bervariasi, ternyata banyak yang suka dan habisnya cepat. Pembuatannya simple dan bahannya mudah dicari,” paparnya kepada blokTuban.com, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga :

- Buka IDC 2022, Menteri Koperasi dan UKM Dorong AMSI Jalankan Bisnis Media Sehat

- Jadi Ide Bisnis Kekinian, Begini Cara Membuat Pisang Kulit Coklat

- Manfaatkan Pekarangan, Wanita Tuban ini Bisnis Bunga Telang hingga Layani Permintaan Ekspor

Untuk membuat es lumut ini, yang harus dilakukan ialah menyiapkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan. Mulai dari nutrijel, susu kental manis, susu evaporasi, air, dan juga es batu. Pertama-tama, rebus nutrijel hingga mendidih.

Sebelum nutrijel yang sudah matang tersebut dingin, maka selanjutnya ialah masukkan es batu ke dalam adonan nutrijel dan aduk-aduk dengan cepat. Tujuannya, agar nutrijel tidak menggumpal.

“Untuk nutrijelnya varian rasanya sesuai selera, kalau nutrijelnya sudah hancur dan teksturnya seperti lumut, terus kita masukan susu evaporasi dan susu kental manis,” jelasnya.

Jika seluruh bahan tersebut sudah tercampur dengan rata, maka jangan lupa untuk mencicipi terlebih dahulu rasa dari minuman tersebut. Jika dirasa sudah sesuai, selanjutnya dapat langsung dimasukkan ke dalam kemasan.

“Saya di sini pakai kemasan pouch ukuran kecil, karena jualnya juga dengan harga Rp2000 untuk anak-anak sekolah, untuk satu kali pembuatan bisa menghasilkan 25-30 pcs es lumut,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Es Lumut, Anak Sekolah, Ide Bisnis, Kabupaten Tuban, Kecamatan Widang, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat