Jadi Ide Bisnis Kekinian, Begini Cara Membuat Pisang Kulit Coklat

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pisang merupakan buah-buahan yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat dan mengandung banyak gizi, pisang juga sangat mudah diolah menjadi berbagai olahan makanan atau cemilan.

Maka tak heran, jika keberadaan buah pisang sering kali digunakan sebagai ladang bisnis, oleh sebagian masyarakat. Salah satunya ialah mengolahnya menjadi Pisang Cokelat atau Piscok.

Jajanan lezat ini, bisa menjadi ide bisnis kekinian yang menggiurkan. Pasalnya, bahan dan cara pembuatannya juga terbilang sangat simple. Selain itu, modal yang dikeluarkan juga tidaklah banyak.

“Pertama yang dilakukan untuk membuat pisang kulit coklat adalah membuat fla pisangnya, caranya yaitu pisang di potong-potong kecil dulu, biar nanti gampang dimasaknya,” ujar Ida salah seorang penjual pisang cokelat kepada blokTuban.com, Minggu (20/11/2022).

Setelah seluruh pisang sudah terpotong, barulah dimasukkan ke dalam penggorengan dengan diikuti oleh gula, margarin hingga larutan 1 Sdm tepung maizena. Barulah diaduk hingga seluruh bahan tercampur merata.

Jika pisang sudah matang, maka langkah selanjutnya ialah menyiapkan kulit pangsit dan membelahnya menjadi dua dan digulung menyerupai terompet. Untuk perekatnya, bisa juga menggunakan larutan tepung terigu.

“Saya biasanya pakai pisang raja atau nggak pisang kepok, tapi kalau mau pakai jenis pisang yang lainnya juga tidak masalah,” jelasnya.

Berikutnya, adonan pisang yang sudah disiapkan sebelumnya, dimasukkan ke dalam kulit pangsit yang sudah dibentuk menyerupai terompet. Jika sudah dimasukkan semua, maka tinggal digoreng menggunakan api yang sedang.

“Waktu di goreng minyaknya harus panas dan banyak, supaya matangnya merata. Jangan lupa di bolak-balik, jika sudah berwarna kecoklatan bisa di angkat dan ditiriskan, sampai minyaknya turun semua,” paparnya

Lebih lanjut, setelah pisang dingin barulah masuk ke dalam tahap pemberian cokelat. Dalam hal ini, Ida menjelaskan jika ia menggunakan lelehan cokelat batang, kemudian ditaburi springkle agar lebih menarik.

Jika sudah diberi cokelat, maka selanjutnya adalah mengemasnya ke dalam plastik mika yang berukuran kecil dan pisang kulit cokelat siap untuk dijajakan.

“Satu mika kecil ini isi dua biji, biasanya saya jual dengan harga Rp1000 per mika,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS