19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jadi Ide Bisnis Kekinian, Begini Cara Membuat Pisang Kulit Coklat

bloktuban.com | Sunday, 20 November 2022 11:00

Jadi Ide Bisnis Kekinian, Begini Cara Membuat Pisang Kulit Coklat Ilustrasi pisang coklat dengan cita rasa manis dan gurih. (Foto: Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pisang merupakan buah-buahan yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat dan mengandung banyak gizi, pisang juga sangat mudah diolah menjadi berbagai olahan makanan atau cemilan.

Maka tak heran, jika keberadaan buah pisang sering kali digunakan sebagai ladang bisnis, oleh sebagian masyarakat. Salah satunya ialah mengolahnya menjadi Pisang Cokelat atau Piscok.

Jajanan lezat ini, bisa menjadi ide bisnis kekinian yang menggiurkan. Pasalnya, bahan dan cara pembuatannya juga terbilang sangat simple. Selain itu, modal yang dikeluarkan juga tidaklah banyak.

“Pertama yang dilakukan untuk membuat pisang kulit coklat adalah membuat fla pisangnya, caranya yaitu pisang di potong-potong kecil dulu, biar nanti gampang dimasaknya,” ujar Ida salah seorang penjual pisang cokelat kepada blokTuban.com, Minggu (20/11/2022).

Setelah seluruh pisang sudah terpotong, barulah dimasukkan ke dalam penggorengan dengan diikuti oleh gula, margarin hingga larutan 1 Sdm tepung maizena. Barulah diaduk hingga seluruh bahan tercampur merata.

Jika pisang sudah matang, maka langkah selanjutnya ialah menyiapkan kulit pangsit dan membelahnya menjadi dua dan digulung menyerupai terompet. Untuk perekatnya, bisa juga menggunakan larutan tepung terigu.

“Saya biasanya pakai pisang raja atau nggak pisang kepok, tapi kalau mau pakai jenis pisang yang lainnya juga tidak masalah,” jelasnya.

Berikutnya, adonan pisang yang sudah disiapkan sebelumnya, dimasukkan ke dalam kulit pangsit yang sudah dibentuk menyerupai terompet. Jika sudah dimasukkan semua, maka tinggal digoreng menggunakan api yang sedang.

“Waktu di goreng minyaknya harus panas dan banyak, supaya matangnya merata. Jangan lupa di bolak-balik, jika sudah berwarna kecoklatan bisa di angkat dan ditiriskan, sampai minyaknya turun semua,” paparnya

Lebih lanjut, setelah pisang dingin barulah masuk ke dalam tahap pemberian cokelat. Dalam hal ini, Ida menjelaskan jika ia menggunakan lelehan cokelat batang, kemudian ditaburi springkle agar lebih menarik.

Jika sudah diberi cokelat, maka selanjutnya adalah mengemasnya ke dalam plastik mika yang berukuran kecil dan pisang kulit cokelat siap untuk dijajakan.

“Satu mika kecil ini isi dua biji, biasanya saya jual dengan harga Rp1000 per mika,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Kuliner, Pisang Coklat, Pisang Raja, Resep Pisang Coklat, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat