416 Lulusan Unirow Tuban Diharapkan Cetak Lapangan Kerja

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Kabupaten Tuban, kembali menggelar wisuda ke-XX tahun, yang dilakukan secara luring dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), bertempat di Gedung Graha Sandiya Komplek Perdin Semen Indonesia di Jalan Raya Bogorejo, Kecamatan Merakurak.

Kegiatan yang mengusung tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat menjadikan generasi unggul, inovatif, kreatif, dan berwawasan global ini dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan VII Wilayah Jawa Timur, Ketua PGRI Provinsi Jawa Timur, Ketua PPLP PT PGRI Tuban, Ketua PGRI Kabupaten Tuban, Rektor Perguruan Tinggi di Tuban dan sekitarnya, Forkopimda Tuban, serta Direktur Bank Jatim Cabang Tuban. 

Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyati dalam sambutannya mengatakan selamat kepada para wisudawan atau wisudawati yang resmi lulus pada tahun ini. Dalam wisuda kali ini, lanjut Prof. Dian sapaan akrabnya, total ada 416 wisudawan yang hari ini diwisuda. 

"Kami meluluskan program Magister dan program Sarjana sebanyak 416 mahasiswa, yang terdiri dari 28 program Magister dan 338 program Sarjana," ujarnya, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga :

25 Anggota Muda LPM Waskita Unirow Tuban Digembleng Materi Jurnalistik

Peringati Hari Jadi ke 7, blokTuban.com Gelar Workshop Literasi Informasi Bersama Unirow Tuban

789 Mahasiswa Baru Unirow Tuban Jalani PKKMB Selama Empat Hari

Adapun 416 lulusan tersebut, terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 257 orang, dari Fakultas Perikanan dan Kelautan sebanyak 25, Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan 20 Orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 16 orang, Fakultas Teknik sebanyak 70 orang, dan dari Pasca Sarjana 28 orang. 

Sebagai Alumni dari Unirow Tuban sendiri, maka wisudawan diharapkan dapat menjadi agen perubahan, yang mampu untuk selalu mencetuskan ide kreatif dan inovatif, guna menghadapi era global di revolusi 4.0 ini, yang menuntut keterampilan hidup. 

"Yaitu meliputi empat kompetensi, yaitu komunikasi, kreatif thinking, kritikal thinking serta kreatif dan kolaboratif. Semoga anda bisa mengamalkan ilmu anda dengan penuh tanggung jawab, sesuai dengan Bidangnya masing-masing," sambungnya. 

Sementara itu, Ketua PGRI Jawa timur, Teguh Sumarno mengungkapkan apresiasi yang luar biasa kepada Unirow Tuban. Menurutnya, Universitas yang terletak di Jalan Manunggal ini merupakan Perguruan Tinggi yang sangat diandalkan di Kabupaten Tuban. Pasalnya, dalam Program Studi nya sudah dapat mencakup lingkungan mahasiswa dan masyarakat yang ada di Tuban, sehingga capaiannya sangat luar biasa. 

Dengan hal tersebut, maka Teguh berharap agar para alumni Unirow Tuban dapat memiliki jiwa wiraswasta dan enterpraunure yang dapat membangun usahanya secara mandiri, artinya tidak hanya mengandalkan pekerjaan dari pemerintah saja. 

"Indonesia ini negara kaya, Indonesia adalah peluang pada generasi yang akan datang, untuk mandiri. Bagaimana pengelolaan alam berupa tambang, bagaimana hutan yang melimpah, bagaimana lautnya ini belum tergarap. Sehingga siapa yang mengetahui dan bisa membaca peluang dan melakukan tahapan, maka mereka yang akan berhasil," jelasnya. 

Senada, Kepala Lembaga Layanan VII Wilayah Jawa Timur, juga berharap bahwa 416 mahasiswa yang diwisuda hari ini, dapat mencetak lapangan pekerjaan. Selain itu, wisudawan juga diharapkan mampu bekerja sesuai dengan kompetensinya. 

Pasalnya, indikator output dari lulusan Perguruan Tinggi yang ada di lingkungan VII Jawa Timur, sesuai dengan KKNI dan SNDIKTI bahwa semua lulusan harus menguasai pengetahuan, sikap, keterampilan umum dan keterampilan khusus. 

"Kami berharap besar lulusan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, betul-betul mampu mempunyai multiplayer efect dalam kehidupan masyarakat, keluarga, bangsa dan negara," tandasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS