DKP2P Tuban dan TNI Berkolaborasi Edukasi Masyarakat Terkait Virus PMK

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Upaya pengendalian wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak terus dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban yang berkolaborasi dengan TNI. Kali ini edukasi terkait PMK dilakukan di wilayah Tuban, tepatnya pada masyarakat di Desa Dikir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. 

Pantauan di lapangan, kegiatan edukasi ini disertai penyuntikan vaksin PMK tahap ke 3 kepada hewan ternak oleh petugas kesehatan dari DKP2P Tuban. Serta didampingi oleh aparat keamanan Babinsa Koramil 13 Tambakboyo Kodim 0811 Tuban.

Baca juga: Tuban Kembali Dapat Jatah Vaksin PMK Tahap Kedua, Kabid Keswan: Wabah Sudah Mulai Terkendali

Pelda A. Cholik, mengatakan pelaksanaan pengawalan dan pendampingan kepada tim yang melaksanakan penyuntikan vaksin PMK pada hewan ternak, dilaksanakan secara menyeluruh di wilayah Kecamatan Tambakboyo.

“Pengamanan dan pendampingan oleh Babinsa bertujuan untuk kelancaran pelaksanaan vaksin PMK pada hewan ternak, sebab vaksinasi ini sangat penting untuk meminimalisir penyebaran PMK, di Wilayah Kecamatan Tambakboyo, ” ujarnya.

Kolaborasi ini telah dilakukan sejak penyuntikan vaksin PMK tahap pertama. Hingga PMK nanti dinyatakan telah tertangani keseluruhan, maka kegitan sosialisasi kan terus disampaikan kepada peternak sapi maupun kambing.

Baca juga: Optimalkan Penanganan PMK, Hewan Ternak di Tuban Dipasang Eartag dan Vaksinasi

“Kami lakukan sosialisasi kepada peternak untuk melakukan penyemprotan pada hewan maupun kandang dan untuk melaporkan kepada petugas jika mendapati hewan piaraannya dalam kondisi sakit,” pungkasnya. [dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS