Optimalkan Penanganan PMK, Hewan Ternak di Tuban Dipasang Eartag dan Vaksinasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah sejak beberapa waktu lalu turut menjangkit hewan ternak di Kabupaten Tuban. Untuk itu, beberapa wilayah di Tuban turut dilakukan optimalisasi serentak penanganan PMK dengan vaksinasi PMK pada Rabu (2/11/2022).

Dinas Peternakan Kabupaten Tuban dengan menggandengkan instansi terkait melakukan percepatan vaksinansi kepada hewan ternak, Selain itu juga dilakukan pengambilan sampel darah serta pemberian Eartag Barcode guna memudahkan pendataan. 

Kali ini, kegiatan ini dilakukan di Desa Boncong, Bogorejo, Sukoharjo, Margosuko, Ngampelrejo, Ngujuran dan Tlogo Agung yang berada di wilayah Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Petugas melakukan penyuntikan vaksin dan memasang anting (Eartag Barcode) terhadap hewan ternak. 

Baca juga: Pasca Vaksinasi PMK, DKP2P Tuban Ambil Sampel Darah Hewan Ternak

"Penanda tersebut mengandung informasi tentang identitas sapi, sehingga memudahkan pemerintah untuk mengecek kondisi setiap ekor sapi," ujar Drh Amriyan.

Amriyan menuturkan melalui eartag barcode terbeut bisa mengetahui apakah sapi telah menerima vaksinasi, jenis kelamin, berapa usianya, dan nama kepemilikannya. Hal ini bertujuan agar memudahkan pemantauan.

Disaat yang sama Babinsa 0811/12 Bancar - Tuban Sersan MD. Bagus Raka mengatakan, pendampingan ini dilakukan untuk mendukung program Pemerintah dalam percepatan penanganan PMK.

"Kami para Babinsa melaksanakan pendampingan PMK ini demi mensukseskan program Pemerintah. Seperti halnya Serma Pratondo, Sertu Darwaji, Serda Dody, Serda Mudhohir dan Serda Rofi'i melakukan pendataan terlebih dahulu dengan mensosialisasikan kepada warga binaan agar hewan ternaknya dapat di Vaksin," tutur Raka panggilan akrabnya.

Baca juga: Pasar Hewan Tuban Dibuka di Tengah PMK, Kabid Keswan: Hanya Sedikit Penambahan Kasus

Salah seorang peternak sapi Susilo (49), mengaku saat ini merasa lebih tenang setelah ke-empat sapinya telah divaksinasi dan diberi tanda Eartag Barcode. 

“Terima kasih, sapi-sapi saya sudah dipasang anting tanda dan telah divaksinasi, semoga dapat terbebas dari penyakit. Jadi apabila ada pembeli sudah tidak ragu lagi dikarenakan telah terdata dan tervaksin PMK,” ucap Susilo. 

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS