Jaring Atlet Muda Berbakat, PASI Tuban Adakan Perlombaan Atletik Tingkat SD dan SMP

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Untuk menjaring bibit-bibit atlet muda berbakat yang ada di Kabupaten Tuban, khususnya para atlet atletik, Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mengadakan Kejuaraan Kabupaten Atletik.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama lima kali dan cara perlombaannya tidak seperti perlombaan atletik pada umumnya. Perlombaan ini lebih ditekankan pada mengenalkan atletik dengan  cara yang menyenangkan.

Menurut Sekertaris Koni Zaenal Maftuhien, ini dilakukan agar sedari usia dini anak-anak tidak takut dan senang belajar atletik. Harapnnya nanti pada akhirnya mau menekuni nomor atletik yang disukai.

Baca juga: Atlet Paralayang Muda Tuban, Bermimpi Jadi Atlet Nasional

“Kami kemas acara ini dengan sedemikian rupa, agar anak-anak senang belajar atletik,” ujar Zaenal Maftuhien kepada blokTuban.com, Sabtu (29/10/2022).

Peserta lomba kali ini melibatkan pelajar SD dan SMP. Jumlah peserta  untuk tingkat SD ada 523 siswa dan SMP ada 154 siswa.

Untuk anak SD kisaran umur 10 tahun, mereka akan memperlombakan  sprint, hurdle dan slalom. Juga  perlombaan lompat katak, lompat jauh awalan pendek, turbo throwing, lempar bola kecil dan overhead throwing.

Sedangkan kisaran umur 12 yang diperlombakan yaitu lari  80 meter, 150 meter, 600 meter, 800 meter, lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, dan estafet 5x80 meter.

Untuk pelajar SMP kisaran umur 15 tahun mengikuti perlombaan lari 100 meter, 200 meter, 400 meter, dan 800 meter. Selain itu juga ada lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi dan lempar lembing.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan SD dan SMP se-Kabupaten Tuban. Untuk juara umum tingkat SD dimenangkan oleh SDN Plumpang 1. Sedangakn untuk tingkat SMP sampai saat ini masih proses rekapitulasi.

Baca juga: Seleksi Atlet Puslatda Jatim Dimulai, Diikuti Peraih Medali di PON XX Papua

Menurut Zaen sapaan akrabnya untuk minat cabor atletik di Kabupaten Tuban sendiri cukup bagus. Nantinya untuk siswa yang berhasil juara akan diadakan pembinaan dari Pengkab Pasi Tuban agar mereka bisa menjadi atlet atletik yang hebat.

“Alhamdulillah dengan model kompetisi dan pengenalan atletik sejak dini sangat luar biasa. Terbukti pada event hari ini peserta membludak. Walaupun dengan biaya mandiri anak, orang tua, dan guru antusias mengikuti hingga akhir,” ujarnya. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS