Sempat Dipetakan Rawan Konflik Pilkades Tuban, Desa Ini Adem Ayem

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Desa Socorejo, Kecamatan Jenu sempat dipetakan daerah rawan konflik dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Tuban. Namun akhirnya berjalan damai dan hampir tidak ada gejolak apa-apa, hingga pasca pencoblosan, Jum'at (28/10/2022).

"Alhamdulillah proses pemilihan telah selesai, 'Adem Ayem' aman dan damai. Meski awalnya dipetakan sebagai zona merah," ujar Kepala Desa Terpilih, Zubas Arief Rahman Hakim, kepada blokTuban.com.

Menurut kades petahana tersebut, segala upaya menciptakan Pilkades yang kondusif sudah dilakukannya secara maksimal. Sebab, ia tahu betul bagaimana karakter warganya.

"Para pendukung kita coba bangun komunikasi yang humanis. Baik tim saya maupun pendukung serta tim calon lain," tegasnya.

Memang, jika melihat sejarah Pilkades 6 tahun lalu suhu politik cukup tinggi dibandingkan dengan pemilihan tahun 2022 ini. Namun Pilkades kali ini, kata Kang Arief, persaingan antar lawan berikut pendukungnya masing-masing calon dapat dikondisikan.

Diketahui sebelumnya, Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya mengatakan untuk daerah-daerah yang memiliki potensi mengalami kericuhan, ada penambahan personil di area tersebut.

Sedangakan untuk daerah-daerah yang dikategorikan minim potensi kericuhan, Polres Tuban tetap memantau situasi daerah tersebut, dengan melakuakan patroli sekala besar.[Rof/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS