Hampir Seribu Siswa Ikuti Lomba Mapel Maarif Competition

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Hampir seribu siswa dari SD/MI dan SMP/MTs di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif (LP Maarif) NU Kabupaten Tuban ikuti lomba mata pelajaran (mapel) dalam Ma’arif Competition VII.

Pembukaan lomba dilaksanakan dengan upacara di halaman perpustakaan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban di kompleks Bumi Manunggal, Senin (24/10/2022) pagi.

Selain dihadiri para pengurus LP Ma’arid Tuban dan panitia lomba, upacara dihadiri para peserta dan guru pendamping. Sebanyak 931 peserta ikuti dalam lomba ini. Mereka terdiri dari siswa SD/MI dan SMP/MTs di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif Nu Tuban. Lomba dilaksanakan selama tiga hari.

‘’Hari ini loba untuk tingkat SMP dan MTS, besok dan lusa untuk tingkat SD dan MI,’’ ujar Abdussalam Ketua Maarif Competition VII.

Lomba mata pelajaran ini menggunakan komputer di laboratorium komputer di SMK YPM Tuban. Ada empat tuang labarotorium yang digunakan. Karena banyaknya peserta, lomba dilaksanakan dengan dua gelombang.

‘’Lomba mapel ini untuk pelajaran yang masuk ujian nasional ditambah mapel keagamaan ahlussunnah aljama’ah (aswaja) atau ke NU an,’’ tambahnya.

Ma’arif Competition adalah ajang kompetisi para siswa di bawah naungan LP Ma’arif NU Tuban. Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mata pelajaran agama dan ujian negara UN) siswa pada madrasah/sekolah. Juga untuk meningkatkan prestasi siswa serta ketrampilan beragama di lingkungan masyarakat bagi peserta didik pada tingkat MI/SD dan MTs/SMP.

Selain lomba mapel, juga dilaksanakan lomba paduan suara yang juga diikuti oleh lembaga SD/MI dan SMP/MTs. Selain itu, untuk tahun ini Maarif Competition ditambah dengan olahraga voli dan sepakbola. Untuk sepakbola dan voli, dilakukan seleksi dulu di tingkat kacamatan, kemudian babak selanjutnya sampai final digelar di kabupaten.

Sedangkan untuk lomba paduan suara, masing-masing peserta cukup membuat video dengan materi lomba yang sudah ditentukan, kemudian diupload di channel masing-masing lembaga peserta lomba. Peserta cukup mengirimkan link channel videonya pada panitia untuk keperluan penilaian.

Ketua Pengurus Cabang (PC) LP Maa’rif Kabupaten Tuban Nur Khamid menambahkan, saat ini lembaga yang dia pimpin membawahkan 325 lembaga mulai SD, MI, SMP, MTs maupun MA, SMA dan SMK.

Sesuai lembaga yang mengurus badan hukum perkumpulan NU (BHPNU) jumlah lembaga yang di bawah naunagan Ma’arif adalah SD 1 lembaga, MI 192 lembaga, MTs 75 lembaga, SMP 13 lembaga, MA 29 lembaga, SMA 6 lembaga dan  SMK 9 lembaga.

‘’Ma’arif competition ini untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa, meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kretifitas, dan kerja keras untuk mengusai ilmu pengetahuan dan agama,’’ katanya.[ono]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS