Liga 3 PSSI Jatim Diundur Oktober 2022, Dua Sebab Ini Pemicunya

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Ajang Liga 3 PSSI Jawa Timur yang awalnya dimulai pada bulan September harus diundur menjadi awal Oktober 2022. Hal ini disebabkan belum bertemunya pihak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan Sponsorship serta belum sepenuhnya 14 klub menjadi tuan rumah.

Liga 3 PSSI Jatim rencananya akan diikuti 55 tim dari berbagai daerah yang ada di Jawa Timur. Puluhan peserta itu nantinya akan dipilih 14, sebagai tuan rumah dan sampai saat ini yang sudah siap baru 12 klub.

“Salah satu faktor penyebab Liga 3 akan diundur menjadi bulan Oktober karena dari 14 tuan rumah baru 12 yang menyatakan siap,” ujar Komite kompetisi PSSI Jatim Chalid Abu Bakar kepada blokTuban.com, Selasa (20/9/2022).

Tak hanya itu, Abu Bakar menambahkan masih ada beberapa kendala lagi seperti sponsorship. Kendati demikian, untuk masalah sponsorship tinggal menunggu jadwal dari pihak Ketua PSSI Jawa Timur. Menurutnya rencana pertemuan semula berlangsung 19 September 2022, tetapi ditunda karena ada halangan.

Baca juga :

5 Tips Melindungi Data Pribadi di Dunia Maya

PSSI Jatim Buka Kursus Pelatih SepakBola Putri Lisensi D

- Manajer Riyadi : Prestasi Klub Persatu Tuban Harus Didasari Rasa Cinta dan Memiliki

“Untuk kapan kepastian dimualinya Liga 3 PSSI Jatim belum bisa memastikan, InsyaAllah akan digelar awal bulan Oktober,” tambahnya.

Di Liga 3 sendiri, Abu Bakar menilai sangat rawan disusupi mafia bola, hingga pengaturan skor. Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, Asprov PSSI Jatim tak segan melaporkan oknum pelaku dan barang buktinya di pengadilan untuk mendapat hukuman yang setimpal.

Di samping itu juga, PSSI melakukan peningkatan kapasitas dan kualitas perangkat pertandingan Liga 3. Lebih jauh, untuk dapat mengikuti kompetisi Liga 3, maka tim harus menjadi anggota / calon anggota Asprov PSSI Jatim.

"Sekaligus memenuhi syarat pendaftaran sebagai peserta kompetisi Liga 3," jelasnya. 

Sekedar informasi 12 tim yang sudah siap menjadi tuan rumah Liga 3 PSSI Jatim antara lain:

1. Banyuwangi Putra FC

2. Persinga Ngawi

3. Persedikab Kediri

4. PSBR

5. PSIL Lumajang

6. PSBI Blitar

7. Persid Jember

8. Persekabpas

9. Persekam Metro

10. Persewangi Banyuwangi

11  Persibo Bojonegoro

12. Bajul ijo Surabaya

[NUR/Ali]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS