Produk UMKM Binaan Pertamina Ludes Terjual di Tong Tong Fair 2022 Belanda

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Produk makanan UMKM Pertamina seperti Dapur Bunda Duri, De Harvest Jaya, Bakul Jamu Euis semuanya habis terjual di Tong Tong Fair 2022 Belanda. Begitu pula dengan produk fashion Cetak Godhong, Dela Tapis, Sasirangan serta produk kerajinan tangan Joglo Ayu Tenan dan Bahalap juga sangat diminati pengunjung, Jumat (16/9/2022).

Pada Tong Tong Fair tahun 2022 ini, Kementerian BUMN RI turut berpartisipasi dengan membuka paviliun Roemah BUMN yang memfasilitasi keikutsertaan berbagai UMKM binaan BUMN di Indonesia.

Pertamina hadir dengan membawa 175 jenis produk unggulannya yang berasal dari berbagai kota di Indonesia antara lain Yogyakarta, Balikpapan, Dumai, Banjarmasin, Pontianak, Lampung, dan Tomohon Sulawesi.  Produk yang terdiri dari fashion, kerajinan dan makanan terpilih melalui proses yang cukup panjang setelah dilakukan kurasi dengan kriteria mutu produk, kualitas dan level yang harus sesuai kebutuhan pasar global.

"Saya bangga produk rubik balado bisa lulus kurasi ke Belanda, bisa mengharumkan kota Duri Riau yang sebelumnya belum memiliki oleh-oleh khas daerah," ujar Diah Novi Wulandari, pemilik Dapur Bunda Duri yang telah menjadi UMKM binaan Pertamina sejak 2020. 

Baca juga :

Biaya Operasional Kilang Pertamina Lebih Rendah dari Singapura, Segini Selisihnya

Diboyong Pertamina ke Belanda, Ini Stratgi 455 UMKM Binaan Go Global Bersaing

Cara Kerja PIEDCC Milik Pertamina Awasi Distribusi BBM di Darat dan Laut

Diah yang kini mempekerjakan lebih dari 15 karyawan dan melibatkan lebih dari 70 mitra UMKM di Kota Duri untuk menjalankan usaha Dapur Bunda Duri ini pun tidak menyangka produknya diminati warga Den Haag dan sekitarnya. Bahkan produk sudah habis terjual kurang dari satu minggu.

Selain produk Rubik Balado, produk ecoprint Cetak Godhong juga mendapatkan tempat di hati para pengunjung Tong Tong Fair 2022. "Hal yang tidak pernah saya impikan kalo produk Cetak Godhong bisa ikut Tong Tong Fair di Belanda," ujar Endah Hariyani, pemilik Cetak Godhong.

Ecoprint Cetak Godhong merupakan produk handmade ramah lingkungan dengan proses mencetak pada kain menggunakan pewarna alami dan membuat motif dari daun secara manual yaitu dengan cara ditempel sampai timbul motif pada kain. Penggunaan daun dari berbagai jenis tumbuhan sebagai motif dan pewarnaan alami ini memberikan kesan eksklusif karena tidak akan ada produk yang memiliki desain yang sama persis.

Fajriyah Usman, Vice President CSR & SMEPP Pertamina mengatakan Tong Tong Fair 2022 berhasil mendulang sukses sejak dua pekan bergulir pada 1 - 11 September 2022. 

Keterlibatan UMKM binaan dalam ajang Tong Tong Fair 2022 merupakan salah satu dukungan BUMN dalam pencapaian ESG (Environmental, Social, and Governance) dan SDGs (Sustainable Development Goals), khususnya Poin 8 yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, yang diwujudkan melalui program pendanaan dan pembinaan UMKM. 

Melalui kerja sama dengan Atase Perdagangan Kedubes RI di Belanda, produk UMK Pertamina juga saat ini telah dipajang di House of Indonesia. Trade & Investment House yang dibuat sebagai one stop shopping yang menampilkan semua tentang Indonesia mulai dari produk hingga informasi yang dicari calon pelaku bisnis Eropa. 

"Hal tersebut menjanjikan peluang besar bagi para UMK untuk memperluas jangkauan pemasaran luar negeri," pungkas Fajriyah. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS