3 Syarat yang Wajib Dibawa Saat Donor Darah di PMI Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Donor darah begitu penting bagi kebutuhan stok darah yang ada di Kabupaten Tuban. Selain itu, donor darah juga memiliki banyak manfaat untuk diri pendonor serta bagi orang yang menerima donor. 

Bagi yang ingin mendonorkan darah, syaratnya yang perlu dibawa hanya identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau Kartu Keluarga (KK). 

Di Kabupaten Tuban untuk minat donor darah terbilang cukup bagus karena dalam sehari terdapat 20-30-an orang yang mendonorkan darahnya di kantor PMI.

“Untuk satu hari biasanya di kantor PMI terdapat 20 sampai 30-an orang yang mendonorkan darahnya ini belum lagi dari donor darah yang keluar seperti biasanya yang ada di event-event,” kata Humas UDD PMI Tuban, Sarju Efendi kepada blokTuban.com, Senin (29/08/2022).

Untuk donor darah sendiri prosesnya sangat mudah dan tidak butuh waktu lama. Bagi pendonor yang mau mendonorkan darahnya ke kantor PMI yang pertama harus melakukan pendaftaran bagi calon pendonor.

Baca juga :

Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban

Awali Peringatan Hari Bhayangkara, Polres Tuban Gelar Donor Darah

Baik untuk Tubuh, Ini Waktu Terbaik Donorkan Darah Saat Puasa

Bagi pendonor yang sudah pernah mendonorkan darahnya akan lebih mudah karena sudah ada data yang masuk dalam PMI Tuban. Datanya tinggal dicari, apakah donor terakhir aman atau tidak. 

Setelah itu dari petugas PMI akan mencetak formulir bagi pendonor. Lalu, pendonor harus mengisi formulir yang ada dan mengisi tentang riwayat penyakit pendonor dan kesepakatan antara pendonor dan PMI.

"Setelah itu ada sedikit tanya jawab tentang kesehatan Usia 17 sampai dengan 65 tahun, berat badan minimal 45 kg, tekanan darah: sistole 100 – 170, kadar hemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%," imbunya.

Sarju menambahkan, pendonor yang lolos dari seleksi tadi harus mencuci tangan dapat memilih lengan mana untuk diambil darahnya. Untuk proses pengambilan sendiri hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit.

Donor darah sendiri tidak memiliki efek samping, akan tetapi bagi pendonor yang baru pertama kali biasanya akan mengalami pusing, mual, bahkan pingsan tetapi hal ini memiliki kemungkinan yang sangat kecil. 

Sarju Efendi memberikan tips untuk pendonor yaitu yang pertama harus memiliki niat dan berani agar tidak mengalami pusing mual dan lain-lain. Satu hari sebelum mendonorkan darahnya harus istirahat yang cukup, makan makanan yang berkualitas, vitamin juga harus terpenuhi banyak minum air dan  1 sampai 2 jam sebelum donor dianjurkan untuk makan terlebih dahulu.

Ia mengajak masyarakat Tuban untuk donor darah. Selain untuk kesehatan diri donor juga dapat menolong orang yang membutuhkan darah, karena di Tuban sendiri dalam sehari ada 5 kantong darah yang dibutuhkan.

"Menolong dengan uang itu sudah biasa akan tetapi menolong menggunakan darah itu baru luar biasa," pungkasnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS