Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Selain dengan perlombaan-perlombaan dalam rangkaian acara memeriahkan HUT RI ke-77 Pemkab Tuban juga membuka stan untuk donor darah. 

PMI Tuban dalam kegiatan tersebut menyebut pendonor melebihi target yang ditentukan. Panitia menargetkan mungkin hanya 20-an orang yang mengikuti donor darah akan tetapi membludak menjadi 48 pendonor.

Donor darah sendiri memiliki beberapa manfaat seperti untuk regenerasi sel darah merah, optimalisasi kinerja jantung, serta menjadikan peredaran darah semakin lancar yang mengakibatkan aktivitas menjadi ringan.

Terkait: Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung

“Donor darah memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengoptimalisasi kinerja jantung untuk registrasi sel darah merah serta peredaran darah makin lancar menjadikan aktivitas semakin ringan,” ucap Sigit salah seorang petugas PMI kepada blokTuban.com, Jumat (12/08/2022).

Untuk mengikuti donor darah pendonor harus sehat secara jasmani dan rohani untuk umur minimal 17 tahun serta memiliki berat minimal 45 kg serta tidak sedang sakit tidak sedang minum obat dalam 3 hari belakangan.

Sigit mengajak para warga Tuban untuk mengikuti donor darah karena donor darah memiliki banyak manfaat serta di Kabupaten Tuban sendiri kebutuhan darah dalam satu hari 25 kantong.

Terkait: Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pasar Baru Tuban Dipenuhi Hiasan Ratusan Bendera Merah Putih

Salah seorang peserta donor darah, Deni (40) yang bekerja di sekretariat DPRD Kabupaten Tuban mengikuti donor darah sudah dua kali ini. "Dengan kut menyumbangkan darah, semoga darah saya bermanfaat kepada orang yang membutuhkan," ucapnya.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS