08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Supaya Selamat dari Segala Bencana dan Mara Bahaya   |   18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Warga Bangkalan Ini Tercatat 14 Kali Keluar Masuk Lapas, Bebas dari Tuban Bercita-cita Jualan Sate

bloktuban.com | Thursday, 18 August 2022 05:00

Warga Bangkalan Ini Tercatat 14 Kali Keluar Masuk Lapas, Bebas dari Tuban Bercita-cita Jualan Sate Suwarno (topi merah) bebas dari Lapas Tuban tepat di HUT ke-77 RI.

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Seorang warga Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur ini terbilang cukup akrab dengan suasana di dalam penjara. Sebab, ia tercatat sudah 14 kali keluar masuk Lapas di beberapa kota/kabupaten sejak usianya masih muda, Kamis (18/8/2022). 

Namanya Suwarno. Dia sekarang berusia 68 tahun dan sudah memiliki 6 cucu. Ia merasakan pahitnya dan kerasnya penjara pertama kali di Lapas Semarang. Kala itu, ia divonis 15 tahun atas kasus pembunuhan yang dilakukannya. 

Beberapa Lapas yang pernah ditempati oleh Suwarno adalah Kota Semarang, Rembang, Grobogan, Blora, dan terakhir di Tuban. Kasusnya pun beragam, mulai kasus pembunuhan, penggelapan, hingga pencurian.

"Sudah tidak ingat lagi mas umur berapa saat itu. Pokoknya saya masih muda dan sekarang sudah berumur 68 tahun. Pertama kasus pembunuhan dan divonis 15 tahun," ujar Suwarno saat diwawancara di Lapas Tuban.

Baca juga :

224 Napi di Tuban Terima Remisi Kemerdekaan, Tiga Orang Langsung Bebas

Masuk Taman Makam Pahlawan Ronggolawe Tuban, Napi: Jiwa Saya Bergetar

Simak Waktu dan Syarat Besuk Napi Lapas Tuban Tatap Muka yang Masih Uji Coba

Pria yang sudah puluhan tahun mendekam di balik jeruji besi ini, menceritakan setelah bebas dari Lapas Semarang ia kembali melakukan aksi kriminal dan terpaksa harus balik ke sel tahanan. Seakan sudah akrab dengan lingkungan penjara, kejadian itu terus berulang hingga 14 kali.

"Pokoknya saya bebas itu tidak lama kok pak, dan kembali tersandung kasus. Terakhir kasus penggelapan dengan vonis 4 tahun 10 bulan," imbuhnya.

Selepas mendapat remisi kemerdekaan HUT ke-77 RI dan bebas, ia bercita-cita kembali berjualan sate. Suwarno mengaku kapok dengan dunia kriminal, dan ingin menikmati usia senjanya dengan berwirausaha. 

Data dari Lapas Kelas IIB Tuban, semula 233 warga binaan diusulkan mendapat pengurangan masa hukuman. Namun, baru 224 orang yang telah memiliki SK remisi. Mereka yang dikurangi masa tahanannya setelah memenuhi syarat administratif maupun substantif. Hal itu sesuai UU No 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan serta Kepres No 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

"Dari 224 napi yang dapat remisi, 3 orang dinyatakan bebas, remisi diberikan paling sedikit 1 bulan dan paling lama 6 bulan," jelas Siswarno, Kalapas Tuban.

Siswarno menambahkan, mayoritas Napi yang mendapat remisi kemerdekaan adalah yang terjerat kasus Narkotika. Remisi diperoleh tergantung dari masa pidana yang telah dijalani. Misalnya Napi yang telah menjalani pidana 6 sampai 12 bulan, diberikan remisi 1 bulan. Bagi yang lebih dari 12 bulan dapat 2 bulan dan seterusnya. [Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Napi Bangkalan, 14 Masuk Lapas, Lapas Tuban, Remisi Kemerdekaan, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat