Ternyata Ini Penyebab Harga Telur Ayam Ras di Tuban Melambung, Kepala DKUKMP : Singgung Kekompakan Peternak Ayam

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Harga telur ayam ras di Kabupaten Tuban beberapa hari ini kembali mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jika harga normal biasanya dikisaran Rp20 sampai 23 ribu per kilogram, kini bahan makanan tersebut melambung hingga Rp29-30 ribu per kilogram, Rabu (17/8/2022).

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Tuban, Agus Wijaya menjelaskan melambungnya harga telur ayam ras ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Tuban saja. Akan tetapi, juga dialami oleh daerah lainnya. 

“Harga telur saat ini terpantau memang mengalami kenaikan yang luar biasa, dan ini terjadi bukan hanya di Tuban saja. Tapi juga dibeberapa kabupaten dan kota-kota besar juga alami hal yang sama, sekarang prediksi Rp30 ribu sudah sampai di hari ini,” paparnya. 

Baca juga :

Lapak Pasar Baru Tuban Mendadak Sepi, Pedagang dan Pengunjung Pertama Kali Ikut Upacara HUT ke-77 RI Sejak 1979

Tingkat Kesembuhan PMK Meningkat, Pemkab Tuban Pertimbangkan Buka Pasar Hewan Kembali

Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pasar Baru Tuban Dipenuhi Hiasan Ratusan Bendera Merah Putih

Menurutnya, salah satu penyebab dari tingginya harga telur ayam ras di pasaran yang cukup signifikan tersebut, dipicu dari harga pakan ayam yang cukup mahal. Dampanya para peternak ayam kuwalahan untuk mengatasinya. 

Akibatnya, saat ini para peternak ayam kompak dan memilih untuk menaikkan harga jual dari telur-telur yang telah dihasilkan dari ternaknya di pasaran. 

“Salah satu kondisi yang  memicu adalah harga pakan ternaknya, itu yang membuat kenapa harga telurnya juga naik,” jelasnya. 

Sekedar diketahui, kendati saat ini harga telur ayam ras mengalami lonjakan yang cukup signifikan, namun harga cabai rawit justru mengalami penurunan, yaitu dikisaran R36 ribu per kilogram. 

Sedangkan cabai merah seharga Rp60 ribu per kilogram, cabai kriting Rp50 ribu perkilogram, bawang merah Rp25 ribu per kilogram dan bawang putih Rp20 ribu per kilogram. 

Sementara harga daging ayam  broiler saat ini normal dikisaran Rp34 ribu, daging ayam kampung Rp66 ribu, sedangkan harga daging sapi dikisaran Rp113 ribu per kilogram. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS