Lapak Pasar Baru Tuban Mendadak Sepi, Pedagang dan Pengunjung Pertama Kali Ikut Upacara HUT ke-77 RI Sejak 1979

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Para pedagang di Pasar Baru Tuban tampak antusias untuk turut serta dalam menyemarakkan Kemerdekaan HUT ke-77 RI. Terlihat puluhan pedagang rela meninggalkan dagangannya sejenak untuk mengikuti serangkaian upacara pengibaran bendera merah putih. 

Bertempat di Halam Pasar Baru Tuban yang berada di Jalan Gajahmada, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding. Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Baru Tuban, Agus Abdullah Ubaidi, mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan kolaborasi pihaknya dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Tuban serta Koordinator Pasar Baru Tuban. 

“Alhamdulillah bisa menyelenggarakan Upaacara dalam rangka Ulang Tahun Republik Indonesia yang Ke-77,” Ungkapnya kepada blokTuban.com saat ditemui setelah kegiatan, Rabu (17/8/2022),

Tak hanya para pedagang saja, para pengunjung lainnya pun diperboleh untuk mengikuti Upacara Kemerdekaan tersebut. Menurut Agus, sapaan akrabnya adanya moment ini sebagai upaya untuk mempererat tali persaudaraan, baik para pedagang, pengelola pasar, maupun dinas terkait. 

Baca juga :

Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pasar baru Tuban Dipenuhi Hiasan Ratusan Bendera Merah Putih

Lakukan Sejumlah Revitalisai, Pemkab Tuban Akan Ubah Pasar baru Jadi Pasar Modern

4 Titik Lokasi Pasar baru Tuban yang Direvitalisasi Habiskan Rp 3 Milyar

Pasalnya, Pasar Baru Tuban bukan hanya tempat untuk mengais rezeki saja, akan tetapi juga sangat rentan terjadi polemik perpecahan antar sesama. 

“Dengan adanya moment 17-an ini mudah-mudahan bisa mempererat tali persaudaraan kita, mulai pasar berdiri sejak tahun 1979 sampai 2022 ini adalah moment yang paling bersejarah dan baru pertama kali ini kita menyelenggarakan hari ulang tahun,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala DKUKMP Tuban, Agus Wijaya mengatakan bahwa para peserta yang terlibat merupakan seluruh warga pasar dan yang terlibat di dalamnya, diantaranya seperti tukang parkir, keamanan dan sebagian petugas dari Dinas Koperindag. 

Menurutnya, makna dari kegiatan tersebut adalah mensyukuri Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai nikmat yang sangat luar biasa. 

“Jadi warga pasar ingin dalam rangka merealisasikan rasa syukur, salah satunya dengan tadi malam melakukan tirakatan, kemudian dilanjutkan dengan upacara bendera,” paparnya. 

Selain itu, juga akan ada kegiatan lain yang tak kalah meriah yaitu lomba-lomba yang sifatnya hiburan, untuk memeriahkan HUT RI Ke-77 Tahun dengan melibatkan seluruh warga Pasar Baru Tuban. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS