Lakukan Sejumlah Revitalisai, Pemkab Tuban Akan Ubah Pasar Baru Jadi Pasar Modern

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Tuban melakukan revitaslisasi di salah satu pasar tradisional, yaitu Pasar Baru Tuban. 

Hal tersebut, sebagai usaha untuk mengembangkan dan membangkitkan perekonomian masyarakat setempat agar bisa bersaing dengan ritel modern yang semakin marak baru-baru ini. 

Koordinator Pasar Baru Tuban, Sukadi mengungkapkan jika langkah pertama yang diambil oleh pihaknya ialah merombak sejumlah tempat, agar pengunjung merasa aman dan nyaman. 

“Maunya dari Pemkab pasar ini akan dibuat pasar modern, jadi untuk menempuh pasar modern ini harus berani bersaing. Langkah yang dilakukan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung atau penjualnya,” ungkapnya kepada blokTuban.com saat ditemui di ruang kerjanya. 

Menurutnya, langkah berikutnya yang ia lakukan bersama dengan Himpunan Pedagang Pasar Besar (HIPPAB) yaitu kebersihan pasar. Selain itu, juga memindahkan sejumlah lapak jualan yang dirasa kurang sedap dipandang. 

“Kita memindah bunga yang berada di bawah kantor, kita bersama dinas memindahnya di sebalah barat pasar (pintu keluar). Yang kedua kita harus berani memindah yang berada di bundaran bawah kantor, berbentuk letter U itu harus bersih semua, paling tidak pasar ini mendekati bersih,” jelasnya. 

Seperti yang diketahui sebelumnya, selain melakukan pembenahan tata ruang dan kebersihan pasar, Pemkab juga telah melakukan sejumlah revitalisasi disejumlah titik wilayah atau area jualan yang ada di pasar tersebut. 

Diantaranya yaitu area penjualan daging sapi dan juga daging ayam, area penjualan gerabah yang berada di sebelah barat pasar, melakukan pembongkaran 38 lapak ikan, serta melakukan perbaikan jalan dan saluran air, dengan alokasi dana sebesar Rp3.429.171.549.00 dari dana APBD Tahun 2022. 

“Pembenahan-pembenahan memang akan terus dilakukan agar pasar tidak nampak kumuh. Kalau secara keseluruhan sudah 75 persen telah dibangun kembali, sejak kebakaran dulu," katanya.

Dengan dimulainya perbaikan di pasar tersebut maka pihaknya  berharap agar nantinya pasar baru atau pasar besar Tuban bisa semakin berkembang.[Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id2