Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban  Akan Digelar Malam Hari

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, tahun ini kembali menyemarakkan Hari Jadi Republik Indonesia yang ke-77 tahun, dengan berbagai rangkaian acara, setelah sempat vakum selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. 

Salah satunya Pemkab Tuban akan menggelar karnaval atau festival budaya dengan mengusung konsep baru. Rencananya, kegiatan yang akan digelar pada malam hari itu  rutenya akan mengelilingi Jalan Protokol Tuban. 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban sekaligus Koordinator acara, Eko Julianto mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut nantinya akan melibatkan Lemabaga Pendidikan, Instansi Pemerintah, Swasta dan masyarakat dengan mengusung tema Tuban Specta Night. 

“Ada 40 Lembaga Pendidikan yang mengikuti, baik ditingkat SLTP maupun SLTA ditambah dengan beberapa Perguruan Tinggi dan Komunitas Seni,” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Jumat (12/8/2022). 

Eko sapaan akrabnya juga menyampaikan jika para peserta Tuban Specta Night diminta untuk menampilkan berbagai adat di Nusantara mulai dari Jawa, Sumatera hingga Papua. 

Selain itu, kegiatan tersebut juga akan mengangkat beragam kearifan lokal daerah dengan menampilkan atau menghadirkan para pelaku seni, diantaranya seperti seni thak-thakan, seni tayub, sandur, tongklek, kentrung hingga wayang. 

Terkait: 

“Kostum yang ditampilkan nanti Adat Nusantara dan lokal Tuban dengan rute mulai Jalan RA. Kartini, Jalan Veteran, Jalan Basuki Rahmad, Jalan Sunan Kalijogo, dan GOR,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, untuk dapat melaksanakan Tuban Specta Night ini dengan meriah, maka Eko mengaku jika anggaran yang dikeluarkan adalah dana dari panitia PHBN Kabupaten Tuban dan ditanggung oleh masing-masing peserta pawai. 

Untuk diketahui, selain pawai budaya Pemkab Tuban juga mengagendakan sejumlah kegiatan lainnnya seperti ekspresi kebangsaan, karnaval sepeda hias, jalan merdea, tradisional culture festival, carnival culture, hingga expo UMKM. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS