Mimpi Peserta Pelatihan BLK Tuban, dari Buka Konveksi hingga Salon Kecantikan

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Untuk memberikan bekal kompetensi kepada masyarakat, UPT BLK Tuban selama bulan Juli 2022 telah menggelar tujuh jenis pelatihan bermacam jurusan. Pelatihan tersebut diikuti ratusan peserta dari Tuban maupun luar Tuban.

Tujuh jurusan pelatihan yang dibuka oleh BLK Tuban mulai las listrik, otomotif sepeda motor, bubut, auto cad, tata busana, tata rias, dan pengolahan hasil tani dengan total peserta 112 orang.

Setiap jurusan mempunyai jam pembelajaran yang berbeda-beda, ada yang 240, 260, 280 jam tergantung jurusannya. Selama pelatihan, peserta lebih ditekankan pada praktik supaya lebih mudah ketika bekerja nantinya.

Artikel lainnya : Puluhan Pelanggan PLN di Tuban Ramai-ramai Ajukan Turun Daya, Ada Apa?

"Siswa yang masuk BLK di bekali 25% materi dan 75% peraktik,” ucap Takhiyat Kepala BLK Tuban kepada blokTuban.com, Selasa (26/7/2022). 

Takhiyat juga berharap para peserta yang sudah selesai mengikuti pelatihan dapat mengembangkan diri dibanding sebelum ikut pelatihan. Goalnya mereka mampu mengisi lowongan-lowongan sesuai kebutuhan industri dan mampu membuka usaha secara mandiri.

Kepada blokTuban.com, Setyowati (40) salah satu peserta asal Tuban Kota, mengatakan dirinya sengaja mengikuti pelatihan menjahit di BLK Tuban agar keterampilannya meningkat dari sebelumnya.

Artikel lainnya : 20 Finalis Cung Ndhuk akan Tampil Terbuka di Alun-Alun Tuban

“Sebelumnya saya hanya belajar lewat youtube saja, dan sekarang bisa belajar langsung. Saya senang karena kemampuan menjahit saya bisa berkembang,” ucapnya

Selama pelatihan, Setyowati belajat membuat pola, gamis hingga kemeja. Harapannya setelah mengikuti pelatihan di BLK ini, dirnya dapat membuka jasa jahit di rumahnya. Sekaligus membuat konveksi dan secara tidak langsung turut andil dalam menurunkan angka pengangguran di Tuban.

Di tempat yang sama, Marin (35) wanita asal Sleko yang mengikuti pelatian tata rias juga memiliki alasan yang hampir sama dengan Setyowati. Target pribadinya, yaitu ingin mengembangkan dirinya dan meningkatkan perekonomian keluarganya.

Artikel terkait : Pendamping Kemendes Bakal Diberi Kuota 10GB Gratis, Syaratnya Pakai Provider Ini

“Saya ingin mengembangkan wawasan, pengalaman, dan potensi diri. Dengan kemampuannya, saya yakin bisa membantu perekonomian dengan membuka salon ataupun klinik kecantikan Tuban,” tutupnya. [Nur/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS