Puluhan Pelanggan PLN di Tuban Ramai-ramai Ajukan Turun Daya, Ada Apa?

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Adanya keputusan pemerintah untuk menyesuaikan tarif listrik untuk golongan rumah tangga mampu 3.500 Volt Amier (VA) ke atas sejak 1 Juli 2022 lalu, membuat sejumlah masyarakat menjadi resah. 

Bahkan, tak sedikit dari mereka yang mengajukan penurunan daya listrik kepada (PLN) setempat. Manager Unit Layanan Pengadaan (ULP) PLN Tuban, Agus Riyadi mengungkapkan, sejak adanya rencana penyesuaian golongan tarif listrik beberapa minggu lalu, hingga kini setidaknya ada sekitar 25 orang yang mengajukan penurunan daya. 

Artikel lainnya : 20 Finalis Cung Ndhuk akan Tampil Terbuka di Alun-Alun Tuban

“Sampai sekarang sudah ada 25 pelanggan (yang mengajukan penurunan daya listrik),” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Selasa (26/7/2022). 

Selain itu, Agus sapaan akrabnya juga menambahkan rata-rata pelanggan yang mengajukan penurunan daya listrik merupakan pelanggan rumah tangga yang semula memasang daya R2 atau 3.500 VA sampai dengan 5.500 VA. 

“Rata-rata masyarakat yang mengajukan penurunan daya dari 3.500 VA ke 900 VA,” bebernya. 

Artikel lainnya : Pendamping Kemendes Bakal Diberi Kuota 10GB Gratis, Syaratnya Pakai Provider Ini

Menurutnya, dalam hal ini masyarakat yang melakukan pengajuan penurunan daya listrik tidak menjadi masalah bagi PLN. Asalkan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Pasalnya, hal tersebut merupakan hal dari para pelanggan. 

Penyesuaian tarif golongan listrik ini sendiri, dilakukan oleh pemerintah dengan nilai perekonomian masyarakat, sehingga subsidi listrik dapat tepat sasaran. 

“Intinya untuk pelanggan yang kurang mampu tidak ada perubahan atau kenaiakan. Kalau pelanggan keberatan dan mau turun daya juga bisa, tapi pelanggan tersebut juga harus langganan selama 1 tahun,” ujarnya. 

Artikel lainnya : KPPI Selidiki Lonjakan Jumlah Impor Produk Evaporator

Lebih lanjut, untuk memudahkan layanan kepada masyarakat, Agus juga mengimbau kepada masyarakat untuk mendownload aplikasi PLN mobile. Sebab, seluruh informasi seputar tarif listrik, gangguan, perubahan daya dan berbagai informasi lainnya tercantum lengkap di aplikasi tersebut. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS