Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Mengumpulkan 139 poin dengan total 70 medali bukanlah perkara mudah. Akan tetapi, kontingen Kabupaten Tuban membuktikan bahwa semangat untuk mengharumkan Bumi Ranggalawe terus terjaga dan berakhir dengan urutan klasemen 12 dari 38 kabupaten/kota se-Jatim pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII tahun 2022, Kamis (7/7/2022). 

Melalui tangan dingin Bupati Tuban, Aditya Halindra Halindra, keraguan yang sempat muncul bahwa Tuban tidak memberangkatkan atletnya ke Porprov terjawab lunas. Tak cukup dukungan lisan, Mas Bupati juga menyempatkan waktunya untuk turun langsung menyemangati atlet sebelum maupun sesudah pertandingan. 

Hal itu diakui Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, Muhammad Emawan Putra. Mas Bupati secara konsisten langsung turun ke lokasi untuk memberikan motivasi dan arahan kepada para atlet sebelum bertanding sampai tanding.

"Prestasi yang membanggakan ini, tidak lepas dari kerja keras dan perjuangan para atlet serta pelatih dan tentunya dukungan dari Mas Bupati yang secara langsung hadir di venue," ujar Emawan kepada blokTuban.com. 

Secara bergantian di empat tuan rumah Porprov Jatim VII, Mas Bupati mengunjungi penginapan kontingen untuk memastikan kelayakan dan kenyamanannya. Kedekatan ini juga dilakukan Pemkab sebelum para atlet berangkat. 

Secara langsung, Mas Bupati mengundang 24 atlet dan 8 official cabang olahraga (cabor) sepak bola untuk diberangkatkan terlebih dahulu dari Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu (15/6).

Urutan ke-12, lanjut Emawan merupakan buah hasil perjuangan keras dari para atlet, pelatih, dinas, Mas Bupati dan semua stakeholder lainnya. Perolehan medali melesat dibandingkan dengan prestasi Porprov Jatim VI tahun 2019 lalu. 

Sebagai tuan rumah, Tuban waktu itu mengumpulkan 55 medali terdiri 10 emas, 14 perak, dan 31 perunggu dengan total 99 poin. Sedangkan untuk tahun ini medalinya lebih banyak yaitu, 16 emas, 21 perak, dan 33 perunggu. 

Emawan juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya di ajang Porprov Jatim tahun ini. Serta capaian prestasi kontingen Tuban ini wujud kerja keras semua atlet, pelatih, official dan Pemkab Tuban.

“Pada Porprov tahun ini kekuatan kontingen Tuban sebanyak 377 orang terdiri atas 293 atlet, 84 pelatih dan official yang bertanding di 40 cabang olahraga,” tambahnya.

Lebih lanjut, Emawan kembali menunjukan komitmennya dalam memajukan olahraga. Yakni, Disbuporapar Tuban selalu memantau kondisi atlet agar selalu siap baik fisik maupun mentalnya.

Termasuk,  para pelatih, official, bersama atlet juga intens berkomunikasi serta melakukan evaluasi seusai pertandingan sampai kegiatan. Sehingga, sejumlah agenda dalam Porprov ini berjalan lancar. Sesuai komitmen awal Pemkab, melalui PAPBD tahun 2022, telah disiapkan bonus untuk atlet, pelatih dan cabor yang prestasi.

"Nilai bonus atlet, perunggu 1 poin, perak 2 poin, emas 4 poin. 1 poinnya Rp5 juta," sambungnya. 

Terakhir prestasi yang tak kalah membanggakan Tuban, yaitu Okik Pradana atlet cabor Angkat Berat kelas 74 kilogram memecahkan rekor dengan angkatan 240 Kg jenis angkatan squat. Rekor sebelumnya di Porprov Jatim ke-6 rekornya dipegang atlet Sidoarjo, Eko Ibrahim. 

Selepas berhasil menyabet 1 medali emas dan 1 perak, Mas Bupati kemudian mengalungkan medali pada para pemenang cabor Angkat Berat di SMPN 1 Situbondo. Waktu itu, didampingi Kepala Disbudporapar, Muhammad Emawan Putra dan Kepala Diskominfo-SP, Arif Handoyo. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Artikel ini merupakan infotorial Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tuban di blokTuban.com di ajang Porprov Jatim VII tahun 2022.