12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |   12:00 . Naik Lagi, Telur Ayam di Tuban Kini Jadi Rp27.667/ Kilogram   |   11:00 . Intip Strategi Pemkab Gresik di 2023 Atasi Kemiskinan hingga Stunting   |   10:00 . Uter, Kreasi Berbahan Janur yang Dilestarikan Kelurahan Gedongombo Tuban   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Paling Bikin Betah, 7 Wisata di Tuban Ini Cocok Banget Untuk Isi Liburan Kamu

bloktuban.com | Saturday, 02 July 2022 11:00

Paling Bikin Betah, 7 Wisata di Tuban Ini Cocok Banget Untuk Isi Liburan Kamu SWP berada di Paloh Desa Bancar, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. (Dok.Sentono Water Park)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Siapa nih, yang ingin liburan akhir pekan ini ke Kabupaten Tuban? Ini dia, ada tujuh lokasi wisata di Bumi Ranggalawe yang paling bisa bikin betah karena banyak menyuguhkan suasana yang natural. 

Di momen liburan sekolah saat ini, tentu menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi 7 wisata di Tuban. Tak cukup sehari untuk berkeliling ke tempat yang asyik, dan bikin nyaman untuk menikati libur panjang. 

blokTuban.com sudah merangkum 7 wisata di Tuban yang bisa bikin betah berlama-lama. Tak hanya tiketnya yang murah, juga makanan di wisata tersebut cocok untuk semua kalangan. 

1. Air Terjun Nglirip

Wisata ini cocok banget buat kamu penikmat air dan kesejukan. Air Terjung Nglirip merupakan salah destinasi air terjung tertinggi di Kabupaten Tuban kurang lebih 25-30 meter. Letaknya di Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan atau 33 Kilometer jika ditempuh dari Pusat Tuban Kota. 

Jika kamu ingin melihat air terjun berwarna hijau tosca, sekarang adalah waktu yang tepat karena musim kemarau. Warna tersebut dihasilkan pantulan sinar matahari yang menyinari lumut di dasar sungai. 

Terkait : Tiket Terbaru Wisata Air Terjun nglirip Saat Libur Panjang Idul Fitri 2022

Pemandangan kurang direkomendasikan saat musim penghujan. Sebab, air bah berwarna kecoklatan sering datang tiba-tiba dari wilayah hulu. Namun tenang, setiap saat pengelola wisata alam tersebut selalu siaga dan terus memberi imbauan kepada pengunjung untuk berhati-hati. 

Harga tiket masuk ke Air Terjun Nglirip, untuk usia anak-anak Rp. 3000 sampai Rp. 5000 dan dewasa sekitar Rp. 5000 sampai Rp. 10.000/orang. Di lokasi juga telah disediakan spot untuk foto dengan background air terjun dan cocok untuk sosial media anda. 

 

2. Pantai Kelapa 

Sebutan Pantai Kelapa bukanlah tanpa sebab. Di wisata yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban ini memiliki 1000 lebih pohon kelapa yang terus dirawat. 

Terkait : Libur Lebaran 2022, Belasan Ribu Pengunjung Berwisata ke Pantai Kelapa Tuban

Cukup dengan membayar tiket masuk Rp10.000/orang, pengunjung akan rileks saat berada di bawah pohon kelapa. Meskipun ramai di akhir pekan, namun healing di wisata ini sangat direkomendasikan. Bila anda dari Pusat Kota, silahkan ke arah timur kurang lebih 3 Kilometer dan akan terlihat gapura wisata alam semi buatan itu. 

Saat di lokasi, orang tua dapat melepaskan buah hatinya bermain dengan tetap mengawasinya dari jauh. Ada banyak wahana bermain, mulai dari flaying fox, naik kuda, bermain pasir, dan kolam renah. 

 

3. Sentono Water Park (SWP)

Wisata yang terletak di tepi pantai ini berada di Paloh Desa Bancar, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Banyak ulasan menarik dari pengunjung karena tempatnya seru. Fasilitas yang disediakan mulai kolam renang, gazebo, gardu pandang dan tangga yang langsung turun ke laut. Sangat cocok buat santai akhir pekan bareng temen atau keluarga. 

SWP ini merupakan salah satu unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Pada tahun 2019 Sentono Water Park (SWP) terpilih menjadi salah satu inovasi desa terbaik dalam Lomba Kompetisi Inovasi Desa (SINODES) se-Jawa Timur dalam bidang pengembangan infrastruktur mewakili Kabupaten Tuban. 

Untuk harga tiket masuk juga sangat ramah dikantong yaitu Rp 10.000/orang. Rata-rata wisata ini dikunjung kurang lebih 500 orang setiap bulannya. 

 

4. Tanzawi Kebun Durian Montong

Mengusung konsep Agriculture Edu Park and Leisure dengan ciri khas buah durian, Tanzawi saat ini memang belum bisa dipetik duriannya. Tempat ini berada di Desa Bringin, Kecamatan Montong, Kota Tuban. Berjarak 27 Kilometer dari pusat Kota, Tanazawi menawarkan tempat liburan dengan wahana yang diklaim lengkap.

Menurut akun instagram resmi @tanazawi, tempat wisata ini mengusung konsep taman wisata pendidikan agro dan rekreasi. Konsep ini terjabarkan ke berbagai fasilitas dan wahana yang ada di Tanazawi. Saat ini tempat argo wisata di Tuban ini memiliki fasilitas restoran dengan menu andalan buah durian. Lalu terdapat pula kolam renang keluarga yang bisa memanjakan dan menceriakan kamu dan keluarga. Ada juga flying fox untuk melatih keberanian.

Ada juga sepeda gantung, dengan sepeda ini kamu bisa menikmati bersepeda santai di atas, menikmati hamparan pemandangan indah di depan mata. Terakhir yang paling seru ada juga balon udara.

Untuk masuk ke lokasi wisata Tanazawi Kebun Durian Montong Tuban, pengunjung cukup merogoh kocek untuk tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang eksotis dari dalam taman ini dan bisa ke kolam renang serta selfi.

 

5. Wisata Agro Park Klumpit

Salah satu wisata yang berada di perbukitan dataran tinggi Kabupaten Tuban ialah Wisata Agro Park Klumpit yang terletak di Dusun Bentaor Desa Klumpit, Kecamatan Soko. Karena berada di dataran tinggi, maka wisatawan yang berkunjung dapat melihat pesona Kabupaten Tuban dari puncak ketinggian lokasi wisata. 

Wisata keluarga yang lagi hits itu berjarak 27 Km dari Tuban Kota dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam. Untuk dapat menikmati keindahan lokasi ini, anda cukup membayar tiket Rp0 dan parkir Rp5000 untuk R2 dan Rp10.000 untuk R4. 

Adapun fasilitas di wisata Agro Park Klumpit ini mulai dari musala, gazebo, toilet, area parkir luas, spot foto, akses wifi, dan masih banyak lainnya. Kapan kamu akan ke sini?

 

6. Kwan Sing Bio Tuban, Klenteng Terbesar di Asia Tenggara

Klenteng Kwan Sing Bio di Tuban merupakan klenteng terbesar di Asia Tenggara. Tempat ibadah yang juga sering menjadi tujuan wisatawan ternyata digunakan tempat peribadatan tiga agama, yaitu Buddha, Tao, dan Konghucu atau yang disebut ajaran Tri Dharma.

Letaknya di Kelurahan Kutorejo dan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban sangat mudah ditemukan, sebab persis berada di tepi jalur Pantura. Di dalam klenteng juga terdapat Kuil Tao yang berasal dari abad ke-7 dengan gerbang merah besar yang dihiasi kepiting raksasa.

Untuk masuk ke Klenteng, pengelola tidak mengenakan tiket. Pengunjung cukup ijin di pos keamanan untuk melihat-lihat area di dalam klenteng. Setiap pengunjung akan diberikan rambu-rambu, di mana tidak boleh memasuki lokasi yang dikeramatkan. 

 

7. Gua Ngerong Dihuni Ribuan Kelelawar

Gua ngerong yang terletak di Dusun Purboyo Mayang, Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban merupakan sebuah gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya. Sungai tersebut memiliki sumber air yang sangat jernih dan dihuni banyak ikan ait tawar.

Selain memberi makan ribuan ikan, pengunjung yang datang ke objek wisata tersebut juga dapat melihat keindahan kelelawar yang bergelantungan di atas gua. Untuk masuk ke gua ini, pengunjung membayar tiket Rp3.000 untuk anak-anak dan Rp5.000 untuk orang dewasa. [Ali]

 

 

 

 

 

 

 

Tag : 7 wisata Tuban, Isi liburan akhir pekan, Air Terjun, Pantai Tuban, Gua Tuban, Tiket murah, berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat