Seniman Internasional Ikuti Pameran Drawing SMK TJP Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Masih dalam rangka memperingati Bulan Menggambar Nasional tahun 2022, ternyata banyak komunitas yang juga ikut meramaikan kegiatan ini selaian sepuluh komunitaa yang terdaftar, Selasa (24/5/2022).

Setelah sebelumnya SMA Negeri 3 Tuban sempat menggelar Pameran di Pantai Kelapa, kali ini giliran SMK Taruna Jaya Perwira (TJP) Tuban yang ikut meramaikan kegiatan serupa.

Seolah tidak mau kalah dengan beberapa komunitas seni rupa yang ada, para pelajar dan alumni ini juga sangat antusias memamerkan puluhan karyanya di salah satu sudut sekolah mereka. Uniknya, salah satu yang menarik dalam pameran yang digelar oleh SMK TJP adalah kehadiran beberapa nama besar seniman nusantara, diantaranya adalah Mayek Prayitno dan Imam Sucahyo.

Mayek Prayitno yang merupakan alumni SMK TJP tahun 2001 saat ini sudah sukses menggeluti bidang art manajemen di Jakarta, dan aktif menulis kuratorial dalam beberapa pameran seni rupa di kancah nasional.

Selain itu seniman rupa yang aktif berpameran di Gallery Polysemi Perancis dan beberapa galeri lain di Jepang dan Australia, Imam Sucahyo, juga ikut berpartisipasi memamerkan karyanya dalam pameran ini.

Imam yang merupakan alumni tahun 1999 itu membawa karya minimalisnya yang berukuran 30x50 cm, untuk terlibat dalam event ini.

"Saya ingin mengapresiasi upaya dari sekolah saya dulu, syukur-syukur kalau itu juga bisa memotivasi adik-adik agar serius dalam bidang seni rupa" ucap Imam.

Nike Lestari, selaku Guru Pembina Taruna Art Space, mengaku banyak ketidak siapan dalam pameran yang digelar itu, akan tetapi karena motivasi dan dukungan dari banyak pihak acara dapat berjalan Dengan lancar.

Kepala Sekolah SMK TJP, Bambang Kusdianto, menambahkan selain untuk memperingati momentum bulan menggambar Nasional, kegiatan ini juga merupakan agenda rutin sekolah.

Setiap tahun di SMK TJP selalu menggelar kegiatan pameran tugas akhir, sebagai pemenuhan tanggung jawab siswa atas proses belajar mengajar mereka.

Melalui kegiatan semacam ini juga diharapkan anak-anak bisa membuat karya dalam bentuk apapun, dan pihaknya juga akan berupaya untuk memberikan wadah bagi mereka.

"Ada banyak mata bidang lain dalam mata pelajaran seni budaya, seperti musik, karya tiga dimensi, bahkan desain grafis yang sedang dikembangkan SMK TJP dalam kurikulum merdeka belajar," tutupnya. [Ali]