Pastikan Haknya, Pemkab Tuban Lakukan Perekaman Data Penyandang Disabilitas

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban melakukan layanan perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan bagi penyandang disabilitas. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky.

Kegiatan ini dilaksanakan di SLB C Autis Negeri dan di SLB ABD Negeri Kabupaten Tuban, sebelum kegiatan dimulai  Bupati melakukan kegiatan senam bersama anak-anak SLB di lapangan sekolahan.

Terkait: Difabel Tuban Keluhkan Cafe Inclusi Sepi, Pemkab: Harganya Kemahalan

Menurut pria yang kerap dipanggil mas bupati tersebut, kegiatan ini bertujuan agar memudahkan pemerintah dalam menyalurkan bantuan-bantuan kepada para disabilitas “Agar bantuan dari pemerintah bisa diambil oleh mereka sendiri,” Ucap Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky kepada blokTuban.com, Jumat (24/06/2022).

Selain itu mas bupati juga melakukan peninjauan SLB dan menurutnya masih ada beberapa hal yang perlu perbaikan, dan juga melihat semangat dari teman-teman SLB yang telah menanam dan merawat tanaman toga.

Terkait: Surat Kedua KASN untuk bupati Tuban, Isinya Intruksi Peninjauan Mutasi Pejabat

Mas bupati berharap ada keikut sertaan dari teman-teman disabilitas untuk membuka stand dan menjual produknya di GOR dalam acara pameran bonsai. Serta harapan dari mas bupati agar pelayanan seperti ini bisa menyebar ke berbagai kecamatan di Tuban.

Kegiatan di SLB merupakan awal dari kegiatan pendataan, selanjutnya Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tuban akan melakukan kegiatan yang serupa di seluruh kecamatan yang berada di Kabupaten Tuban.

“Ini sebagai awal, selanjutnya akan kita tindak lanjuti perekaman dan pendataan di seluruh Kecamatan,” ujar Rohman Ubaid, Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tuban.

Terkait: Kisah Inspiratif difabel Asal Tuban, Kreatif Bikin Miniatur Truk Modal Tutorial Youtube

Untuk jumlah yang mengikuti perekaman dan pendataan di SLB C Autis dan SLB ABD terdapat 40 anak pembuat KTP dan  80 anak pembuat KIA.

Pada hari Selasa Rohman menambahkan akan melakukan Perekaman dan pendataan disabilitas di Kecamatan Soko serta bagi yang masih belum bisa hadir akan dilakukan upaya jemput bola kerumanya.

Krisna(18) salah satu peserta asal Kecamatan Tuban, dengan adanya kegiatan ini ia merasa senang karena dapat terdata. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS