PT. TPPI Kucurkan 3 Program Pendidikan di Tuban Sekaligus, Apa Saja?

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pada tahun 2022, PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) kembali mengucurkan 3 program pendidikan sekaligus kepada lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) di sekitar wilayah operasinya, Selasa (21/6/2022).

Tiga program yang didesain berkelanjutan tersebut, adalah bantuan beasiswa untuk siswa berprestasi, program penanggulangan anak putus sekolah, dan bantuan sarana pendidikan SD. 

Program pendidikan tersebut, pertama diserahkan kepada SDN Purworejo dan berikutnya ke SDN Remen 1 dan 2, serta terakhir ke SDN Tasikharjo. Dihadiri langsung oleh PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo ST. MM, Kepala Desa Purworejo, dan pihak SDN Purworejo. 

Baca Juga : Jeruk Lemon California, Komoditi Andalan Petani Binaan PT TPPI Tuban

"Tiga program ini ibarat paket, berkesinambungan satu dengan lainnya. Seperti bantuan pendidikan TPPI untuk siswa/i berprestasi kelas VI ( 1 , 2 , 3 ) dan kelas V ( 1 , 2 , 3 ). Program ini untuk memberikan semangat bagi peserta didik agar mereka berlomba-lomba dan bersaing secara sehat untuk meraih prestasi," tutur Taheran kepada blokTuban.com.

Taheran menambahkan, maksud program penanggulangan anak putus sekolah diwujudkan berupa bantuan pendidikan bagi 7 siswa/i setiap sekolah atau total 28 siswa/i yang dibantu untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Program ini berbeda dengan kategori beasiswa berprestasi.

Baca Juga : TPPI Mendapat Anugerah Penghargaan Proper Biru

TPPI menyadari bahwa tuntuan masyarakat yang menginginkan penyerapan tenaga kerja lokal bisa masuk bekerja di perusahaan sangat lah tinggi, meskipun saat ini komposisi tenaga kerja lokal yang terserap sudah hampir 40%, terdiri dari tenaga kerja non skill sampai skill.

Untuk itu dari perusahaan  membantu melalui program pendidikan sejak usia dini pada masyarakat sekitar, agar memperkecil kesenjangan antara kebutuhan industri dengan tingkat pendidikan masyarakat melalui peningkatan kualitas dan sarana pendidikan memberikan program-program pelatihan yang sinergi dengan bidang kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca Juga : TPPI Raih Penghargaan Bidang K3 Kerja Aman 8 Juta 300 Ribu Jam dan Pengendalian Covid-19 Kategori Emas

Selain program pendidikan dan peningkatan kompetensi, mutu pendidikan juga menjadi perhatian perusahaan. Untuk itu anggaran bantuan sarana dan prasarana pendidikan juga diajukan untuk penambahan anggarannya. Tahun 2022 ini, TPPI kembali menyerahkan bantuan sarana pendidikan berupa peralatan 16 unit komputer untuk 4 SD yaitu Purworejo, Remen 1 , 2 dan Tasikharjo. 

"Mohon doa dari semua pihak agar operasi Kilang TPPI dapat berjalan lancar sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar," imbuh pria asli Tuban ini.

Baca Juga : TPPI Tuban Tuntaskan Final Investment Decision untuk ISBL Proyek Revamping

Rasa bangga diungkapkan Kepala SDN Purworejo, Sukemi. Mudah-mudahan beasiswa tersebut bermanfaat bagi anak-anak di Purworejo dan barokah ilmu yang diperolehnya serta bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua, bangsa, dan agama.

Manajemen SDN Purworejo juga berharap TPPI ke depannya lebih baik lagi dengan peningkatan prestasi operasional dan CSR nya. "Setelah dapat beasiswa anak-anak harus lebih giat belajar, dan orang tua juga harus mendukung pendidikan buah hatinya," jelasnya. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.