TPPI Raih Penghargaan Bidang K3 Kerja Aman 8 Juta 300 Ribu Jam dan Pengendalian Covid-19 Kategori Emas

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Awal tahun 2022, PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus. Penghargaan pertama, yaitu bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan kerja aman mencapai 8 juta 300 ribu jam, dan kedua penghargaan dalam pengendalian Covid-19 dengan kategori emas. 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. GM TPPI Tuban, Sugiyo bersyukur atas tercapaianya prestasi membanggakan tersebut. Ia mengucapkan terima kasih kepada perwira dan pertiwi TPPI atas kontribusinya dalam mengelola Kilang Tuban sehingga beroperasi aman, handal dan ramah lingkungan. 

Kondisi tersebut mendorong tercapainya beberapa penghargaan seperti Proper Biru, ISO Integrasi, Jam Kerja aman, dan lain sebagainya. Ia berpesan untuk terus meniingkatkan kinerja, demi kemajuan TPPI yang lebih baik lagi. 

"Alhamdulillah, atas kerja keras, cerdas dan tuntas TPPI mendapat penghargaan di bidang K3 dengan kerja aman mencapai 8 juta 300 ribu jam dan penghargaan dalam pengendalian Covid 19 dengan kategori gold. Semoga Kilang bersih dan aman. TPPI jaya, pekerja sejahtera," tutur Sugiyo kepada reporter blokTuban.com, Kamis (10/3/2022). 

Untuk kegiatan penanggulangan Covid-19, dikatakan PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo, bahwa management berkomitmen memberikan vaksin Booster untuk seluruh karyawan dan keluarganya akan terus dilaksanakan secara bertahap sesuai ketersediaan jumlah vaksin sampai tercapai 100%. 

Selain program vaksin dan pengetatan prokes, PT TPPI juga tetap melaksanakan proses screening dengan melakukan test antigen secara rutin setiap bulan sekali bagi seluruh pekerja permanen maupun outsourcing yang jumlahnya mencapai 700-an pekerja.

Di samping itu, pengetatan bagi tamu atau kontraktor yang akan masuk ke Kilang dengan mewajibkan sudah vaksin dua, serta test antigen bagi tamu dalam Kota Tuban dan test PCR bagi tamu dari luar Tuban terus dilaksanakan.

“Tujuannya agar semua orang yang memasuki area Kilang harus benar-benar sudah terproteksi dengan baik,” kata pria asli Tuban itu.

Selain di internal, TPPI juga memberikan pengobatan massal dan vaksinasi kepada warga sekitar kilang secara rutin. Guna mendukung program vaksinasi pada masyarakat dan sinergi dengan pemerintah desa sekitar, TPPI memberikan dukungan berupa obat dan dokter perusahaan untuk mengawal kegiatan vaksinasi bagi masyarakat dengan tujuan capaian vaksinasi bagi masyarakat bisa 100%.

Lebih dari itu, TPPI secara intens melakukan upaya secara internal maupun external perusahaan bersama-sama tim Gugus Pengendalian Covid-19 di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Berupa program penyemprotan desinfectant secara rutin setiap minggu, pemasangan hand sanitizer di 150 titik fasilitas umum, ibadah dan sekolah serta himbauan-himbauan sesuai protokol kesehatan.

Pada tahun 2021 lalu, perusahaan yang beroperasi di Desa Remen dan Tasikharjo, Kecamatan Jenu itu telah menyerahkan 5.000 masker, desinfektan dan hand sanitizer ke Kodim 0811 Tuban. Dalam programnya, TPPI selalu bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Tuban dalam rangka menanggulangi penyebaran virus Corona di Kabupaten Tuban. Sekaligus dampak yang ditimbulkan oleh covid itu sendiri.

Langkah nyata yang telah TPPI lakukan, lanjut Taheran yaitu terlibat langsung dalam program penyemprotan desinfektan pemerintah daerah dengan mengirimkan satu armada pemadam kebakaran. TPPI juga menyalurkan 15.000 paket Sembako untuk warga yang terdampak secara ekonomi dari pandemi.

Untuk mempercepat penanganan pasien Corona, di tahun 2020 perusahaan juga memberikan bantuan tujuh buah alat ventilator kepada gugus tugas Kabupaten Tuban. Sekaligus diserahkan langsung kepada direktur rumah sakit rujukan dan penyangga pasien corona.

Dalam waktu dekat, TPPI juga akan menyerahkan bantuan masker dan handsanitizer ke tim pelaksana vaksin Kabupaten Tuban. Di mana bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap pelaksanaan vaksin di Tuban, yang mana sebelumnya TPPI juga telah memberikan bantuan laptop dan perlengkapan pelaksanaan vaksin untuk mendukung kelancaran pengisian data base dan lain-lain.

Untuk jenis bantuan yang akan diberikan perusahaan TPPI yaitu, 10 buah thermohygrometer, 10 buah thermogun, 1 buah termometer infrared, 10 buah tensimeter digital, 1 buah thermo sensor IOT, satu buah laptop, dan satu buah modem internet. "Masih ada 4 laptop lagi yang diserahkan ke Kodim dan Koramil untuk membantu percepatan pengisian data base," jelasnya. [Ali]