TPPI Mendapat Anugerah Penghargaan Proper Biru

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) berhasil mendapatkan anugerah penghargaan Progam Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Biru dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) periode 2020-2021.

Penghargaan tersebut, sebagai bukti Kilang TPPI yang beroperasi di Desa Remen, dan Tasikharjo Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban itu telah taat melakukan pengelolaan lingkungan hidup dan mematuhi regulasi Pemerintah. 

"Selamat untuk PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama telah berhasil memperoleh prestasi & penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam pelaksanaan Pengelolaan Lingkungan Hidup di tahun 2021. Terimakasih saya ucapkan untuk support semua pihak sehingga penghargaan tersebut bisa kita raih. Semoga TPPI ke depan akan lebih maju lagi, Kilang semakin aman dan pekerja semakin sejahtera," tutur General Manager TPPI Tuban, Sugiyo dalam keterangannya kepada blokTuban.com, Selasa (5/4/2022). 

Setelah meraih proper Biru, lanjut GM TPPI tidak lantas puas begitu saja. Ia terus mendorong Kilang TPPI untuk lebih baik dan menargetkan lima tahun lagi untuk mendapatkan Proper kategori emas. 

Adapun pencapaian Proper Biru dikarenakan TPPI mematuhi (comply) terhadap regulasi dan perundang-undangan dalam hal pengelolaan yang terdiri dari, pengendalian pencemaran air, pemeliharaan sumber air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3, dan pengelolaan limbah non B3.

Indikator lain yang telah dipenuhi yaitu, pengelolaan B3, pengendalian kerusakan lahan dan atau pengelolaan sampah. Sementara itu, untuk pengendalian pencemaran air TPPI sudah memasang alat yang bernama SPARING yang mana alat tsb langsung connect / on line dengan KLHK sehingga baku mutu akan selalu dimonitor oleh KLHK.

Upaya pencapaian proper Hijau dan emas, kecuali mempertahankan untuk pencapaian proper Biru hal kepatuhan menjalankan regulasi/perundang -undangan yang berlaku. Sekaligus melaksanaan penilaian daur hidup (life cycle assessment), menerapkan sistem manajemen lingkungan untuk pemanfaatan sumber daya pada beberapa bidang. 

Seperti efisiensi energi, penurunan emisi, efisiensi air dan penurunan beban air limbah, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, pengurangan dan pemanfaatan limbah non B3 dan perlindungan keanekaragaman hayati. 

"Yang tidak kalah pentingnya adalah Kilang TPPI konsisten memberdayakan masyarakat, tanggap kebencanaan, dan inovasi sosial melalui program CSR TPPI," imbuhnya. 

Sedangkan PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo, menambahkan setelah mendapatkan proper biru selanjutnya menuju proper hijau dan emas yang menitikberatkan pada program pemberdayaan berkelanjutan ( sustainable ), penghijauan dan keaneka ragaman hayati yang terintegrasi. 

Hal itu membutuhkan peran serta kepedulian masyarakat sekitar untuk bersama sama dengan perusahaan menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, sehat dan kemandirian ekonomi masyarakat melalui program berkelanjutan.

"Hal penting lainnya yaitu, menggali potensi sumber daya alam yang ada di sekitar TPPI sehingga setiap tahun dapat menciptakan product-product unggulan atau hasil karya yang unik sebagai icon perkembangan dan kemajuan wilayah desa sekitar," tutup Taheran. [Ali]