Desa Ngino Tuban Rintis Branding Kampung Durian

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam rangka mendukung program salah satu program yang dijalankan oleh Bupati Tuban, yaitu satu desa, satu produk unggulan atau One Village One Product (OVOP), Pemerintah Desa (Pemdes) Ngino, Kecamatan Semanding telah melakukan launching kampung durian. 

Dalam kegiatan tersebut, Pemdes Ngino berkolaborasi dengan KPH Tuban, Kapolres Tuban, Kepala Desa se-Kecamatan Semanding, beserta masyarakat setempat, melaksanakan penanaman pohon durian di Dusun Mankung, Desa Ngino, Sabtu (11/6/2022). 

Baca Juga : Taman Rimba ngino, Alternatif Lokasi Camping yang Aman Untuk Keluarga

Penanaman itu sendiri, dilakukan sebagai simbol di launching nya kampung durian di desa tersebut. Kepala Desa Ngino, Wawan Hariyadi mengungkapkan jika kampung durian ini merupakan salah satu ikhtiar untuk menyejahterakan masyarakat setempat.

"Pada momen launching kampung durian di Dusun Mankung ditanam sejumlah 100 pohon menandai tahap awal penanaman durian di wilayahnya. Iya, jadi satu desa banyak produk unggulan, " ungkap Kades Ngino tersebut, kepada blokTuban.com saat dimintai keterangan. 

Baca Juga : Serunya Bermain Sepeda Air Sambil Memberi Makan Ribuan Ikan di Sendang Asmoro

Di tanah milik warga seluas puluhan hektar ini, nantinya juga akan dilaksanakan penanaman pohon secara bertahap. Sesuai dengan ketersediaan tanah yang akan di tanami tersebut. Menurut Wawan jika seluruh pohon yang ditanam itu merupakan durian berjenis musang king dengan cita rasa yang sangat nikmat. 

Selain itu, Wawan juga menambahkan jika nantinya setelah pohon durian tumbuh dengan baik dan sudah berbuah, maka tempat tersebut akan dijadikan sebagai tempat agrowisata serta eduwisata bagi para pengunjung. 

Baca Juga : Wujud Rasa Syukur, Mayarakat Desa ngino Adakan Budaya Keleman

"Betul mbak, nanti kedepannya akan buat agro wisata dan eduwisata. Sudah bekerjasama dengan perhutani juga," tandasnya. 

Dengan diresmikannya kampung durian ini, pria ramah ini berharap jika kedepannya Desa Ngino bisa memiliki branding yang dikenal dengan sebutan kampung durian, sehingga bisa menyejahterakan kehidupan masyarakat. 

Baca Juga : Hama Tikus Menyerang, Petani Desa ngino Gagal Panen Jagung Dua Musim

"Harapannya ke depan dengan branding kampung durian masyarakat bisa menikmati hasil mulai hulu sampai hilir yg endingnya adalah masyarakat bisa tersejahterakan," tutupnya. [Sav/Ali]

Dapatkan juga Berita Tuban menarik lainnya hanya DI SINI.