21:00 . Tarik Investasi, SKK Migas Jadwalkan Konvensi Hulu Migas   |   20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kelola Cafe Inklusi 3 Bulan, Disabilitas Tuban Mengeluh Sepi

bloktuban.com | Friday, 10 June 2022 15:00

Kelola Cafe Inklusi 3 Bulan, Disabilitas Tuban Mengeluh Sepi Salah satu difabel sedang melayani pembeli di Cafe Inklusi. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com Cafe Inklusi merupakan sebuah usaha yang diperuntukan untuk para penyandang disabilitas di Kabupaten Tuban. Cafe yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso no. 256 berada di kawasan pantai BOOM utara Alun-alun.

Informasi yang dihimpun di lapangan, bahwa cafe tersebut mulai beroperasi sejak 14 Maret 2022 dan hampir tiga bulan beroperasi masih kurang adanya minat pembeli dari masyarakat. Walaupun letaknya yang cukup strategis di area depan pintu masuk wisata pantai Boom, namun pengelola cafe yaitu para difabel kini berkeluh kesah. 

Cafe Inklusi buka setiap hari mulai pukul 09.00 wib hingga pukul 16.00 wib dan dijaga oleh para komunitas difabel di Kabupaten Tuban secara bergantian.

“Beroprasi selama tiga bulan ini masih sepi bahkan sering seharian kami tidak dapat pelanggan,” ucap Deviana (40) selaku manager cafe Inklusi kepada blokTuban.com, Jumat (10/06/2022).

Baca Juga : Harganya Terjangkau, Ini Menu di Cafe inklusi Difabel Tuban

Selain menyediakan makanan dan minuman, lanjut Devi cafe ini juga menyediakan jasa pijat refleksi. Kendati demikian, Devi menganggap bahwa pijat refleksi kurang tepat disandingkan dengan sebuah cafe, karena masyarakat masih menganggap bahwa disabilitas terkesan jorok.

Harapan dari Devi dan teman-temannya agar ada dari ASN Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan contoh kepada masyarakat dengan membeli produk mereka. Sekaligus ikut berperan dalam mempromosikan cafe Inklusi, karena setidaknya dengan begitu stigma masyarakat dapat memudar.

Sementara itu, saat reporter blokTuban.com mencoba mengkonfirmasi apa penyebab cafe inclusi masih sepi pembeli di Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Tuban, belum bisa bertemu Kepala Dinas maupun Kepala Bidangnya. Keterangan dari stafnya, kedua pejabat tersebut sedang ada agenda di luar kantor. [Nur/Ali]

 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI.

Tag : Tuban, berita Tuban, Kabupaten Tuban, Cafe inklusi, disabilitas Tuban, Pantai Boom, keluh kesah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat