Kelola Cafe Inklusi 3 Bulan, Disabilitas Tuban Mengeluh Sepi

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com Cafe Inklusi merupakan sebuah usaha yang diperuntukan untuk para penyandang disabilitas di Kabupaten Tuban. Cafe yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso no. 256 berada di kawasan pantai BOOM utara Alun-alun.

Informasi yang dihimpun di lapangan, bahwa cafe tersebut mulai beroperasi sejak 14 Maret 2022 dan hampir tiga bulan beroperasi masih kurang adanya minat pembeli dari masyarakat. Walaupun letaknya yang cukup strategis di area depan pintu masuk wisata pantai Boom, namun pengelola cafe yaitu para difabel kini berkeluh kesah. 

Cafe Inklusi buka setiap hari mulai pukul 09.00 wib hingga pukul 16.00 wib dan dijaga oleh para komunitas difabel di Kabupaten Tuban secara bergantian.

“Beroprasi selama tiga bulan ini masih sepi bahkan sering seharian kami tidak dapat pelanggan,” ucap Deviana (40) selaku manager cafe Inklusi kepada blokTuban.com, Jumat (10/06/2022).

Baca Juga : Harganya Terjangkau, Ini Menu di Cafe inklusi Difabel Tuban

Selain menyediakan makanan dan minuman, lanjut Devi cafe ini juga menyediakan jasa pijat refleksi. Kendati demikian, Devi menganggap bahwa pijat refleksi kurang tepat disandingkan dengan sebuah cafe, karena masyarakat masih menganggap bahwa disabilitas terkesan jorok.

Harapan dari Devi dan teman-temannya agar ada dari ASN Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan contoh kepada masyarakat dengan membeli produk mereka. Sekaligus ikut berperan dalam mempromosikan cafe Inklusi, karena setidaknya dengan begitu stigma masyarakat dapat memudar.

Sementara itu, saat reporter blokTuban.com mencoba mengkonfirmasi apa penyebab cafe inclusi masih sepi pembeli di Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Tuban, belum bisa bertemu Kepala Dinas maupun Kepala Bidangnya. Keterangan dari stafnya, kedua pejabat tersebut sedang ada agenda di luar kantor. [Nur/Ali]

 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI.