15:00 . Warga Tuban Serbu Pasar Murah Berhadiah Gula Pasir   |   14:00 . 20 BUMDesa Tuban Pamer Produk di Event Besti, Pedagang Kebanjiran Berkah   |   13:00 . Peringatan 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Khofifah Harapkan Keberkahan   |   12:00 . Kantor Kejari Tuban Dipenuhi Karangan Bunga, Dukung Pelaporan Alvin Liem   |   11:00 . Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo   |   10:00 . Festival Batik Pantai Semilir 2022 || Pantai SEMILIR   |   09:00 . Empat Film Bioskop NSC Tuban di Akhir Pekan, Pilih yang Mana!   |   08:00 . Prediksi Cuaca Tuban 24 September 2022: Sore Hari Hujan Ringan dan Berawan Tebal   |   07:00 . BPS Laporkan Penurunan Kunjungan Wisata Mancanegara di Jatim   |   06:00 . KONI Jatim Libatkan Hope Physioteraphy di Puslatda Jelang PON XX 2024   |   05:00 . Hadiri 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Gubernur Khofifah Dijadwalkan Gowes hingga Tanam Mangrove   |   23:00 . Desa Jlodro Tuban Mencekam, Berawal dari Sakit Hati Kakek Bacok Tetangganya hingga Tewas   |   22:00 . Pengurus IKAMI ATTANWIR Tuban Dilantik, Ketum : Kita Harus Kompak dan Semangat   |   21:00 . Diduga Cemarkan Intitusi Kejaksaan di Youtube, Persaja Tuban Laporkan Alvin Liem ke Polisi   |   20:00 . Jadi Souvenir G20, Menparekraf RI Puji Produk Teh Herbal Binaan Pertamina   |  
Sun, 25 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Deklarasi Desa Sehat Mata Inklusif di Tuban, Peduli Lansia dan Disabilitas

bloktuban.com | Saturday, 02 April 2022 08:00

Deklarasi Desa Sehat Mata Inklusif di Tuban, Peduli Lansia dan Disabilitas Desa Ngadipuro Widang dan Desa Tobo Merakurak diberi penguatan kapasitas dan sistem kesehatan mata. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang merupakan desa ketujuh yang mendeklarasikan sebagai desa sehat mata inklusif di Kabupaten Tuban, Jumat (1/4). Dipelopori oleh Bidan Desa, Kader Mata dan support Pemerintah Desa Ngadipuro, maka terbentuklah komite “Desa Sehat Mata” dengan legalitas SK Desa Sehat Mata dari Kepala Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang. 

Kegiatan berlangsung di balai pertemuan Desa Ngadipuro dengan mengangkat inovasi yang bernama "DIMADU", yaitu desa inklusif sehat mata terpadu. 

Sedangkan di hari yang berbeda juga dilakukan kegiatan yang sama yaitu deklarasi desa sehat mata inklusif di Desa Tobo, Kecamatan Merakurak.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh camat widang Ir. Soesilo Hadi L, Kapolsek, Danramil, Puskesmas widang, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban, serta turut hadir pula ketua Komite mata daerah Tuban, Djoko Mubarkah. 

Dalam sambutan sekaligus pembukaan, Camat Soesilo Hadi menyampaikan bahwa, pentingnya kesehatan mata, karena mata sebagai jendela dunia. Ia juga berbagi sedikit pengalamannya terkait gangguan mata yang di alaminya sewaktu masih muda, yaitu adanya tumor di salah satu matanya, sehingga mengharuskan nya untuk operasi pengangkatan tumor. 

"Saya pernah mengalami masalah kesehatan mata dan memang harus segera di operasi biar sembuh. Mata adalah jendela dunia, untuk itu kita harus menyadari pentingnya kesehatan mata," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama ketua Komite mata daerah Kabupaten Tuban, Joko Mubarkah menyampaikan pentingnya peran aktif masyarakat dalam pemberantasan masalah gangguan penglihatan di Kabupaten Tuban. 

"Dengan adanya desa sehat mata ini membuktikan bahwa peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam penanganan masalah gangguan penglihatan di Kabupaten Tuban, apalagi desa sehat mata kali ini istimewa karena tidak hanya peduli masalah kesehatan mata, tetapi juga peduli dengan keadaan disabilitas di wilayah desanya," sambung joko.

Dalam acara tersebut sekaligus diskusi penyusunan rencana kerja desa sehat mata inklusif tahun 2022 yang di pimpin oleh ketua desa sehat mata. Ada beberapa masukan dan usulan yang sudah disepakati menjadi rencana kerja desa sehat mata inklusif Ngadipuro dan Tobo tahun 2022.

Adanya desa sehat mata itu, diharapkan dapat meningkatkan cakupan penanganan atau tindakan pencegahan kebutaaan yang dapat dihindari. Melalui upaya yang komprehensif dengan memperkuat kapasitas dan sistem kesehatan mata yang ada di wilayah Desa Ngadipuro Kecamatan Widang dan Desa Tobo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. [Ali]

Tag : Deklarasi Desa Sehat, Desa Sehat Mata Tuban, Peduli Lansia, Disabilitas, Desa Ngadipuro Widang, Desa Tobo Merakurak, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat