Dewan Pers Larang Media Ramal Hilangnya Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz

Reporter: -

blokTuban.com - Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra menyampaikan peringatan agar pelaku media  tidak memuat berita ramalan hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz.

Azyumardi memahami bahwa pers bertugas mencari informasi, menyampaikan pemberitaan dengan baik dan benar sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Namun demikian, Dewan Pers mengimbau kepada seluruh insan pers untuk bekerja sesuai kode etik dan melakukan pemberitaan penuh tanggung jawab dan berdampak positif bagi publik.

“Media dari berbagai plaltform, seyogianya tidak membuat berita yang berkaitan dengan prediksi atau ramalah terkait sebuah peristiwa tragedi kemanusiaan,” kata Azyumardi melalui keterangan tertulisnya, seperti yang kutip jatim.suara.com jaringan blokTuban.com, Minggu (29/05/2022).

Sebelumnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) hilang hanyut di Sungai Aaree di Kota Bern Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Sampai sekarang pencarian masih dilakukan oleh Tim SAR setempat dan belum ditemukan.

Azyumardi menjelaskan, mestinya lembaga pers lebih banyak menampilkan karya jurnalistik yang berdampak positif bagi kemanusiaan, sesuai kode etik dan tidak melakukan glorifikasi yang akan membuat setiap keluarga korban tragedi kemanusiaan tertekan dan merasa bersalah.

Eril bersama sang ibu, Atalia Praratya atau Atalia Kamil, berada di Swiss untuk mencari sekolah guna melanjutkan studi S-2 Eril di sana. Sedangkan Ridwan Kamil sedang berada di Inggris. Saat berada di Swiss, Eril, Atalia dan rombongan menyempatkan untuk berenang di Sungai Aare.

Saat berenang di sungai itulah terjadi insiden kecelakaan. Begitu Eril hendak naik ke permukaan, secara tiba-tiba dia terseret oleh arus sungai yang cukup deras. Teman Eril sempat memberikan pertolongan saat itu.

Namun lantaran arus yang cukup deras itu membuat Eril terseret. Hingga saat ini, proses pencarian masih dilakukan. “Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana,” ujar anggota keluarga Elpi Nazmuzaman dalam keterangan pada Jumat, 27 Mei 2022.