Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Goa Ngerong adalah salah satu goa yang terdapat di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa/ Kecamatan Rengel. Di dalam Goa Ngerong ditemukan sumber mata air yang mitosnya setelah seorang pertapa menancapkan tongkatnya.

Terdapat tiga tokoh yang menurut juru kunci Goa Ngerong waktu itu, Mustamin sebagai awal mula adanya goa seribu kelelawar ini. 

1. Dewi Laras

Dewi Laras diceritakan tengah hamil besar dan kesulitan mencari air bersih. Sebab di masa itu kono tengah terjadi kelangkaan air. 

Kondisi Dewi Larang yang berbadan dua otomatis kesulian mencari sumber air. Orang dulu menyebut kesulitan dengan istilah 'krengkelan' dan kata itu kini diadopsi menjadi nama wilayah setempat yaitu 'Rengel'.

2. Ki Kumbang Jaya Kusuma 

Adalah seorang pertapa yang bersemedi di dalam sebuah goa. Goa inilah yang  kono disebut Goa Ngerong. Ia merupakan sosok penolong bagi Dewi Laras di kala hamil tua dan kesulitan mencari air bersih.

3. Ki Jala Ijo

Seperti Ki Kumbang Jaya Kusuma, Ki Jala Ijo juga seorang pertapa. Sama-sama bertapa di depan mulut goa dan tidak sengaja didekati wanita hamil. 

Merasa iba dengna Dewi Laras, akhirnya mereka menacapkan sebuah tongkat dan air menyembur dari dalam tanah dari dalam goa. Kini sumber air Goa Ngerong menjadi andalan warga sekitar Desa Rengel untuk memenuhi kebutuhan air.

Selain keluar air, dari tancapan tongkat tersebut keluar beberapa jenis hewan, diantaranya ikan, kura-kura dan kelelawar.

Mustamin berpesan kepada siapapun agar tidak mengganggu keberadaan hewan keramat Goa Ngerong tersebut. Terlebih ikan, tidak boleh diambil atau dibawa pulang atau akan membawa petaka bagi pengambil. [Dwi]

*Sumber: https://bloktuban.com/2015/12/05/pengunjung-goa-ngerong-diharapkan-jaga-kearifan-lokal/