11:00 . Senin 15 Agustus 2022 : Telur, Bawang Merah, dan Daging Ayam di Tuban Naik, tapi Cabai Turun   |   10:00 . Lirik dan Chord Lagu Alun-Alun Nganjuk - Denny Caknan Feat Yeni Inca | Trending Youtube DC Production   |   09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi

Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal

bloktuban.com | Saturday, 21 May 2022 14:00

Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal Ratusan anak mengantree untuk khitan massal di halaman Masjid Asmoroqondi. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Sejumlah 134 anak mengikuti kegiatan khitan masal yang diselenggarakan dalam rangka haul Syekh Ibrahim Asmoroqondi. Acara tahunan tersebut dilaksanakan di depan halaman Masjid Asmoroqondi Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu, (21/5/2022).

Khitan gratis ini dilaksanakan sejak mulai pukul 07.00 wib. Diawali dengan kegiatan selametan, setelah itu dilanjut dengan ziarah bersama ke Syekh Asmoroqodi. Khitan tersebut berlangsung cukup cepat, tak sampai 2 jam 134 anak selesai di khitan.

“Khitan ini diikuti oleh masyarakat umum tak Cuma dari Palang sendiri bahkan ada yang dari luar Palang,” ucap Sukardi(50) Ketua Panitia Haul kepada blokTuban.com, Sabtu (21/05/2022).

Sukardi menambahkan, bahwa untuk anak anak yang mengikuti kegiatan Khitan mendapatkan bingkisan berupa sarung, kopyah, sabuk sandal dan juga uang saku. Dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 72 anak, tahun ini jumlah pesertanya lebih banyak. 

Sekedar diketahui, khitan massal merupakan salah satu rangkaian Haul Agung mbah Asmoroqondi 1443 M/2022 H. Acara haul digelar sejak 17 sampai 29 Mei 2022 dengan beberapa acara seperti, Festival Albanjari, pawai taaruf, pengajian umum dengan pembicara KH. Agus Ali Masyhuri Sidoarjo, dan KH. Ahmad Muwafiq dari Yogyakarta. 

Baca berita terkait : Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Syekh Makam Syekh Asmoroqondi

Dikutip oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: TUBAN BUMI WALI: The spirit of harmoni, Tuban: Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban, 2013, hlm.183 – 191, bahwa menurut cerita tutur yang berkembang di masyarakat, Syekh Ibrahim Asmoroqondi dikisahkan tidak lama berdakwah di Gesik. 

Sebelum tujuannya ke ibukota Majapahit terwujud, Syekh Ibrahim Asmoroqondi dikabarkan meninggal dunia. Beliau dimakamkan di Gesik tak jauh dari pantai. Karena dianggap penyebar Islam pertama di Gesik dan juga ayah dari tokoh Sunan Ampel, makam Syekh Ibrahim Asmoroqondi dikeramatkan masyarakat dan dikenal dengan sebutan makam Sunan Gagesik atau Sunan Gesik. [Nur/Ali]

 

 

Tag : Tuban, Haul Asmoroqondi, Khitan massal, khitan kilat, Desa Gesikharjo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat