Pedagang Dari Luar Kota Turut Padati Gerbang Makam

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Sejumlah pedagang dalam dan luar kota memadati sekitar kompleks makam dalam rangka haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi yang berlokasi di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jumat (20/5/2022).

Pedagang oleh-oleh khas tempat ziarah ini berjajar dari gerbang utara sampai jalan raya. Beberapa jenis barang yang dijajakan diantaranya makanan, mainan, bahkan hewan peliharaan seperti kelinci.

Informasi blokTuban.com langsung dari lokasi, salah seorang pedagang asal Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Sukainah (45) mengaku sengaja datang ke Gesikharjo untuk menjual jenang. 

Sukinah menjual 1 kg jenang yang sudah dibungkus plastik seharga Rp30.000, sedangakan untuk jenang yang masih bentuk irisan tiap 1 kg dijual Rp25.000. Jenang miliknya memmiliki berbagai varian rasa seperti durian dan nangka.  

"Kalau saat haul seperti ini cukup laris, 1 kuintal jenang perkiraan akan habis," ujarnya.

Berbeda dengan pedagang jenis ikan laut yang memiliki ruko di jalan setapak utara makam, Suryati (40) merasa saat haul seperti ini kurang ada minat dari pembeli. Menurutnya yang datang ke makam merupakan warga lokal Tuban sendiri. Menurutnya saat weekend pengunjung mencapai 100an orang, jika hari biasa hanya 20-50an orang.

“Pengunjung yang datang di toko lebih ramai saat weekend Sabtu dan Minggu, karena peziarah datang dari luar kota dan sangat tertarik untuk membeli olahan khas Tuban,” ucapnya kepada reporter blokTuban.com.

Pedagang Ikan Laut Kering (Foto: Nur/blokTuban.com)

Wanita yang merupakan penduduk setempat ini menjual berbagai olahan ikan laut seperti ikan yang dikeringkan seperti terasi dan petis. Harga yang dia patok berkisar Rp3.500- 35.000, tergantung besar atau kecilnya ukuran ikan. Seperti ikan jambal roti bisa berkisar Rp100.000 perekor tergantung besarannya.[Nur/Dwi]